Parfum Palsu Diedarkan di 9 Provinsi, di Mana Saja?

Ribuan botol parfum palsu dari pabrik yang digerebek Polda Metro Jaya di Taman Sari, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA/Pius Yosep Mali

VIVA – Pabrik parfum palsu di Jalan Mangga Besar IV G, Taman Sari, Jakarta Barat digerebek dan diberhentikan produksinya oleh tim Direktorat Tindak Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. 

Viral Parfum Chiki Balls, Seperti Apa Aromanya?

Sebelumnya, pabrik tersebut sudah beroperasi selama 3 tahun dengan omzet mencapai Rp36 miliar.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono mengatakan, pemilik usaha yang berinisial HO alias J (38) diketahui sangat lihai memalsukan pengharum tubuh dari beragam merek ternama.

5 Titik Bagian Tubuh Ini Bisa Bikin Wangi Parfum Tahan Lama

"Pelaku memanfaatkan pengetahuannya saat bekerja di sebuah outlet atau toko parfum resmi. Dia mencampur biang parfum dengan alkohol berdasarkan ukuran yang sama atau 50:50 kemudian diberi pewarna kertas untuk menyesuaikan dengan parfum yang dibajak," kata Argo di Mangga Besar, Jakarta Barat, Rabu 7 Februari 2018.

Untuk lebih meyakinkan pembeli, kata Argo, HO bahkan membeli botol-botol bekas parfum bermerek. Lalu parfum racikannya dimasukkan ke dalam wadah parfum bekas orisinal.

10 Cara Selalu Wangi dari Pagi Sampai Malam Setiap Hari

Sehingga bukan hanya aroma, warna tapi pengemasan parfum KW juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Kemudian parfum palsu ini dipasarkan ke berbagai daerah di Tanah Air.

"Pemasaran parfum palsu ini sudah mencapai sembilan provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Sulawesi Tenggara," kata Argo.
 

Seleb TikTok Andri Aan

Bisnis Unik Seleb TikTok Anak Dukun, Terawang Aroma Parfum Sesuai Kepribadian

Banyak orang membeli parfum karena sekadar suka aromanya, tanpa berpikir cocok atau tidak dengan dirinya. Ini yang membuat kerap kali orang di sekelilingnya merasa enek

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2022