Sandiaga Mau 'Bike Friday' Jadi Kebiasaan Warga Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersepeda.
Sumber :
  • Eduward Ambarita

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berencana menjadikan setiap hari Jumat, rutin dilakukan kegiatan bersepeda atau Bike Friday.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ia berharap, gerakan yang dicanangkan ini diikuti oleh komunitas dan seluruh lapisan masyarakat untuk beraktivitas. Setidaknya, gerakan ini diawali atau dilakukan terlebih dahulu oleh PNS Pemprov DKI.

"Kita mulai dorong, untuk setiap Jumat bersepeda ke kantor. Nanti, kita tingkatkan terus fasilitas, karena tadi banyak masukkan juga untuk buat jalur sepeda dan meningkatkan kewaspadaan dari pada pengguna jalan untuk menghormati para pesepeda ini," kata Sandiaga, saat tiba di Balai Kota, usai bersepeda dari di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 16 Maret 2018.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Menurut Sandiaga, dari beberapa ruas jalan di Jakarta, masih ada kendala seperti gorong-gorong yang bisa mengganggu aktivitas bersepeda.

Selain ditambahkannya jalur khusus, Sandiaga berharap keselamatan para pesepeda juga dijamin yakni dari infrastruktur yang dibenahi.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

"Gorong-gorong di depan (Gedung) UOB di Dukuh Atas itu ada beberapa, saya sudah pesan ke Bina Marga, jangan disesuaikan sama arah jalan, harus diagonal atau paling bagus sih kalau menyilang jangan searah dengan jalur tersebut," katanya.

Dengan adanya gerakan beresepeda di hari Jumat, Sandiaga meyakini, setidaknya kualitas udara di Jakarta semakin baik menjelang perhelatan Asian Games.

Ia juga melihat, masih ada beberapa angkutan umum yang mengeluarkan asap tebal di jalanan dan hal itu telah dilaporkannnya kepada Dinas Perhubungan.

"Karena mau Asian Games, kita harus betul-betul jaga udara Jakarta, bebas dari polusi," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya