Optimalisasi Underpass, Tiga Persimpangan di Mampang Ditutup

Underpass Mampang-Kuningan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Rekayasa uji coba lalu lintas di Mampang Prapatan Jakarta pada hari ini, Jumat 18 Mei 2018 akan mulai dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Langkah itu untuk optimalisasi underpass yang menghubungkan Jalan Buncit Raya-Jalan Rasuna Said, Kuningan.

Jangan Lewat Jalur Puncak Jika Tak Ingin Macet, Ini Sebabnya

“Agar optimal maka jalanan yang ada perlu ada pengaturan lalu lintas, terkait simpang 7, 8, dan 9 sekitar situ,” kata Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat dihubungi, Jumat 18 Mei 2018.

Dia menjabarkan, penutupan simpang jalan Mampang Prapatan Raya yang dimaksud adalah Jalan Mampang Prapatan 7, Jalan Mampang Prapatan 8, Simpang Jalan Prapatan Raya, Jalan Duren Tiga, dan Jalan Kemang Utara 9.

Flyover Kemayoran Alami Peregangan, Pengendara Diminta Hati-hati

Di dalam underpass terdiri atas dua jalur dan empat lajur yang menghubungkan Kuningan, Rasuna Said ke arah Tendean-Pancoran serta Warung Buncit ke Ragunan dan sebaliknya.

“Nanti malam sudah mulai diberlakukan penutupan beberapa simpang, dan akan diberlakukan evaluasi setiap minggu,” kata Sigit. 

Penutup Parit Underpass Mampang Hilang Lagi, CCTV Pun Ternyata Mati

Berikut rekayasa lalu lintas uji coba penutupan simpang di Jalan Mampang Prapatan Raya.

1. Penutupan simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Mampang Prapatan 7- Jalan Mampang Prapatan 8

- Lalu lintas dari arah utara menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Mampang Prapatan 7 dialihkan berputar di putaran depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah timur menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju kuningan dan lurus menuju Jalan Mampang Prapatan 7 dialihkan belok kiri berputar di putaran depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah barat menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan dialihkan belok kiri berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

2. Penutupan simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Duren Tiga Raya-Jalan Kemang Utara 9

- Lalu lintas dari arah utara menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Kemang Utara dialihkan berputar di depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah timur menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju Kuningan dan lurus menuju Jalan Kemang Utara 9 dialihkan belok kiri berputar di depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah barat menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan dialihkan belok kiri berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

3. Penutupan Simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Duren Bangka-Jalan Duren Tiga Selatan

- Lalu lintas dari arah utara menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Duren Bangka dialihkan berputar di putaran depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah timur menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju Kuningan dan lurus menuju Jalan Duren Bangka dialihkan belok kiri berputar di putaran depan Garasindo.
- Lalu lintas dari arah barat menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan dialihkan belok kiri berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

Uji coba diberlakukan mulai malam ini pukul 22.00 WIB. Dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan pembangunan Simpang Susun Antasari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya