Pengamanan Kantor KPU Diperketat Jelang Daftar Capres Cawapres

Pengamanan KPU di hari pendaftaran terakhir pasangan capres 2019
Sumber :
  • Foe Peace S/VIVA.co.id

VIVA – Personel gabungan dari TNI, Polri juga unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta nampak melakukan penjagaan ketat di kawasan Komisi Pemilihan Umum jelang Joko Widodo dan Prabowo Subianto, hendak melakukan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, Jumat 10 Agustus 2018.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Dari pantauan VIVA, mereka nampak melakukan apel sebelum melakulan penjagaan. Jalan Imam Bonjol yang menuju KPU nampak ditutup.

Arus lalu lintas di Jalan Imam Bonjol yang melintasi KPU nampak dialihkan. Selain personel gabungan, nampak pula ada kendaraan taktis di sana.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Kemudian, dipasang juga kawat berduri di sana. Akibat adanya penutupan jalan kemacetan di beberapa ruas jalan di kawasan tersebut tak terelakan.

Sementara itu, untuk masuk ke dalam Gedung KPU sendiri dilakukan pemeriksaan ketat. Semua yang masuk ke dalam harus diperiksa dan barang bawannya dipindai di metal detector.

Eks Koruptor Kembali Berpolitik, KPU: Tak Ada Larangan

Suasana KPU di hari pendaftaran terakhir pasangan capres 2019

Akses menuju ke ruang pendaftaran pun tak bisa dimasuki sembarangan oleh orang tak berkepentingan. Mereka yang tak ada kepentingan hanya diperkenankan di sebuah tenda yang diduga untuk menampung beberapa relawan. (ren)

Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022