Getah Getih Bambu di Bundaran HI, Pembuatan Hanya Sepekan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selfie di depan instalasi bambu Getah Getih. Instalasi itu kini dibongkar karena rapuh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan instalasi bambu karya Joko Avianto, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.  

Prihatin, Mahfud MD Sebut Perkampungan Nelayan di Jakarta Utara Kurang Dapat Perhatian

Anies menamakan karya seni instalasi bambu ini Getah Getih. Nama tersebut memiliki arti, Getah itu merah dan Getih itu putih. 

"Saya berbicara kepada Pak Joko bikin kami Indonesia (bangga) dengan bambu. Kami merasa bangga, prosesnya cukup singkat dan hasilnya sangat luar biasa," ujar Anies di Kawasan Bunderan HI, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Agustus 2018.

Kisah 3 UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan dan Petani

Dalam pembuatannya, menurut Anies, instalasi bambu ini terkesan unik karena waktu  pembuatannya hanya satu pekan. Ia mengatakan, kerajinan bambu ini membutuhkan 1.600 buah bambu yang dibuat dengan cara dililit dan dilipat. 

"Ini merupakan pekerjaan relatif unik, kalau melihat konteks pengerjaannya yang singkat dan mudah," ujarnya. 

Viral! Aksi Perundungan Remaja di Kebun Bambu, Polisi Amankan Satu Pelaku

Dengan adanya instalasi bambu ini, Anies berharap, warga DKI dapat mengambil pelajaran dari pemasangan instalasi bambu ini. "Bambu ini dianggap material yang tidak bernilai, namun di tangan orang kreatif jadi karya yang tidak ternilai harganya," ujarnya. 

Warga Suku Karbi Assam Pecahkan Rekor Dunia

Warga Suku Karbi Assam Pecahkan Rekor Dunia: 10 Menit Berjalan di Atas Egrang

Guinness World Records (GWR) membagikan video di Instagram yang memperlihatkan lebih dari 700 anggota suku Karbi berjalan di atas panggung bambu (Egrang) di Assam.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024