INFOGRAFIK: Uji Coba E-Tilang di Ibu Kota

Uji Coba E-Tilang
Sumber :
  • ANTARA Foto/Didik Suhartono

VIVA – Sistem tilang elektronik (e-tilang) kembali mengemuka akhir-akhir ini. Rencananya, uji coba aturan itu akan digelar di Jakarta, pada Oktober 2018. 

Anggaran Kurang Jadi Alasan Polisi Kirim Tilang Lewat WA, Sebulan 1 Juta Pelanggaran

Awalnya, sistem itu akan diluncurkan pada 22 September 2018. Namun, lantaran beberapa kegiatan, seperti Asian Games, tengah dihelat di Ibu Kota, rancangan Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) tersebut pun mundur. 

Sebelum diterapkan, Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba dan sosialisasi lebih dulu sistem e-tilang itu.

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf membeberkan mekanisme e-tilang tersebut. "Kamera nanti meng-capture, print out-nya masuk ke kami," ujar Yusuf saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 17 September 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, sebagian besar wewenang e-tilang ada di kepolisian. "Dishub hanya mendukung kesiapan alat," ujarnya saat dihubungi VIVA, Senin, 17 September 2018. 

Sosok Herimen, Jenderal Bintang 2 Polri yang Pernah Tembak Kaki John Kei

Berikut ini VIVA sajikan sejumlah hal terkait rencana uji coba e-tilang dalam bentuk grafis:

Richard Lee

Kasus Konten Bohong dr Richard Lee: Hotman Paris Ungkap Fakta Mencengangkan!

Hotman Paris angkat bicara menyusul dengan pelaporan yang dialamatkan kepada rekannya dr. Richard Lee baru-baru ini ke Polda Metro Jaya

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024