Polisi Bantah Pengusutan Dana Perkemahan Pemuda Islam Muatan Politik

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono.
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya membantah pengusutan kasus dugaan penyelewengan dana acara kemah dan apel pemuda Islam terkait masalah politik. 

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

"Ini murni kasus tindak pidana dan polisi melakukan pemeriksaan ini berdasarkan profesionalisme. Kami tidak mengada-ngada ini berdasarkan laporan masyarakat," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Selatan, Jumat, 23 November 2018. 

"Makanya jangan dikaitkan dengan politik, kalau misalnya pidana murni ya pidana murni, enggak usah kait-kaitkan," ujarnya.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Argo menuturkan, pengusutan kasus ini berawal dari adanya laporan dari masyarakat. Atas dasar itu penyidik kepolisian melakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi terkait hal tersebut. 

Dalam penyelidikan itu, penyidik menemukan adanya petunjuk dari keterangan saksi perihal adanya dugaan kasus penyelewengan dana tersebut. 

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

"Kemudian dilakukan gelar perkara ternyata memenuhi unsur tindak pidana sehingga dinaikkan menjadi penyidikan oleh penyidik Tipikor Polda Metro Jaya," katanya. 

Sebelumnya, polisi telah mengeluarkan surat perintah penyelidikan untuk mengusut kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 2017 lalu itu.

Berdasarkan hasil gelar perkara bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tampak adanya dugaan unsur pidana dalam kegiatan yang digelar, dengan menggunakan anggaran APBN dari Kemenpora RI tersebut sehingga akhirnya naik ke penyidikan. Diduga ada kerugian negara di sana.

"Ya sudah naik sidik per kemarin ya. Kita melihat adanya dugaan tindak pidana," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Adi Deriyan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya