Pipa PDAM Tangerang Kena Longsor, Dampak Sampai Bandara Soekarno-Hatta

Ruang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu malam, 24 Maret 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kerusakan pada pipa Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM akibat tertimpa longsor di Jalan Daan Mogot, Tanah Tinggi, Tangerang, membuat sejumlah lokasi kesulitan mendapatkan pasokan air hingga saat ini.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Pihak PDAM Tangerang atau Tirta Kerta Raharja (TKR) merilis sejumlah wilayah yang terdampak yakni, Tangah Tinggi, Batu Ceper, Benda, Neglasari, Jatiuwung, Karawaci Periuk, Cibodas, Kelapa Dua Curug, Pasar Kemis dan wilayah Bandara Soekarno Hatta.

"Sekitar 10 ribu pelanggan terdampak, karena kebocoran pipa ini. Salah satunya, Bandara Soekarno Hatta, khususnya Terminal 3 yang juga tidak tersuplai air dengan baik," kata Kepala Bidang Humas PDAM TKR, Samsudin, Rabu 12 Desember 2018.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Dia mengatakan, saat ini pihak tengah melakukan perbaikan pada pipa tersebut. Perbaikan diprediksi kurang lebih memakan waktu 24 jam.

"Masih kami tangani, sementara nantinya untuk pelanggan yang terdampak akan kami suplai pasokan air bersih dengan mobil tangki yang bekerja sama dengan instansi lainnya juga," jelasnya.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Sementara, untuk Bandara Soekarno-Hatta memiliki pasokan air bersih yang juga ditampung oleh pihaknya dengan adanya danau buatan.

"Sejauh ini masih aman, karena kami ada danau buatan juga ditambah pasokan air kita tidak hanya dari PDAM TKR. Tapi ada juga dari PDAM Tirta Benteng (TB)," ungkap Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah Tangerang pada Rabu sore. Tak hanya pipa, pagar pembatas pada proyek pembangunan Tol Kunciran-Cengkareng juga amblas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya