Wah! Ada Smart Toilet di Skybridge Tanah Abang

Toilet di skybridge Tanah Abang
Sumber :
  • VIVA/ Syaefullah

VIVA – Skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, telah dilengkapi fasilitas smart toilet juga untuk para pedagang dan pembeli.

MRT Jakarta Akan Bangun Skybridge di Stasiun Lebak Bulus

Berdasarkan pantauan VIVA, ada dua smart toilet dan masing-masing berisi dua toilet di sebelah kanan dan sebelah kiri. 

Di dalam toilet terdapat kloset duduk disertai sabun cuci tangan serta wastafel. Memang, ukuran toilet ini tidak telalu besar tapi terlihat cukup mewah dan bersih. 

KAI Bakal Bangun Skybridge di Terminal Poris

Lalu, kenapa diberikan nama smart toilet? Berdasarkan penuturan pengawas smart toliet Skybridge, Parta, untuk memasuki toilet itu harus menggunakan kartu. 

Untuk toilet sebelah kanan dapat menggunakan kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-el dan untuk toilet sebelah sebelah kiri bisa pakai kartu kereta api harian, e-money dan BCA Flash. 

Yang Belum Ada di Skybridge Tanah Abang: Musala dan Colokan Listrik

Caranya, untuk membuka pintu dengan cara tapping atau menempelkan kartu itu ke area yang berada di depan pintu toilet dan pintu itu akan terbuka. Ketika berada di dalam toilet tak perlu menempelkan kartu tapi hanya tekan tombol keluar saja. 

"Saat ini masih uji coba, belum diterapkan," kata Parta kepada VIVA di lokasi. 

Memang, kata dia, masih banyak masyarakat yang belum tahu dan paham menggunakan smart toilet. Untuk itu, ia bersama pegawai lainnya melakukan sosialisasi kepada para pedagang Skybridge tersebut. 

Ia menambahkan, smart toilet ini dikelola oleh Sarana Jaya, dan mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. 

Saat ini, para pedagang kaki lima sudah mulai memadati area Skybridge untuk berjualan mulai dari pakaian, celana, bahkan hingga minuman di area lokasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya