Tembok Permukiman Ambruk, Rumah Warga Terendam Banjir

Turap pemukiman ambrol mengakibatkan banjir di perumahan di Depok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Sejumlah rumah di Perumahan Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong Depok, Jawa Barat terendam banjir akibat ambrolnya turap atau tebing permukiman Cluster Azzura yang berada di atas kawasan tersebut, Rabu, 20 Februari 2019.

Hujan Lebat Mengguyur Arab Saudi, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Pantauan VIVA, banjir setinggi sekira setengah meter yang masuk hingga ke dalam sejumlah rumah warga itu terjadi akibat material longsor menutup aliran kali. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun pos penjagaan, satu rumah warga, dan kantor RW hancur akibat terjangan longsor yang terjadi sekira pukul 15.30 WIB.

Salah satu saksi, Rasiman (65), menuturkan, saat peristiwa itu terjadi dirinya sedang berada di luar rumah. Ketika itu terdengar suara yang cukup keras diikuti kepulan asap. 

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

“Saya lagi di luar denger bunyi bruk kenceng banget. Pas saya masuk lihat kepulan asap tebal ternyata dari runtuhan tembok perumahan di atas,” katanya di lokasi kejadian.

Akibat kejadian itu, kamar dan dapurnya hancur. "Barang-barang yang ada di dalam juga ketiban semua. Enggak tahu deh nanti gimana tidurnya. Untung waktu kejadian enggak ada yang lagi di dalam,” ujar Rasiman.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Sementara itu, Lurah Sukamaju, Nurhadi yang datang meninjau lokasi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok untuk mengerahkan alat berat ke lokasi bencana.

“Ini kan bencana ya, sudah kami koordinasikan ke PUPR agar segera dikerahkan beko untuk mengangkut material longsoran,” tuturnya.

Ketika disinggung apakah ada kesalahan prosedur dalam pembangunan perumahan baru tersebut, Nurhadi mengaku hal itu sedang dalam proses penyelidikan. “Tentu ini akan kami evaluasi. Yang jelas ini menimbulkan kerugian. Kami akan memanggil pengembang sama warga di sini nanti akan dibicarakan,” ujarnya.

Terkait hal itu, sejumlah warga mengaku waswas banjir susulan bakal kembali menerjang mengingat material longsor masih menutupi aliran kali. “Khawatir lah pasti. Apalagi ini cuaca masih mendung, takut kalau hujan banjir gede,” kata Siti, salah satu warga sekitar.  

Selain di Tirta Mandala, banjir juga kembali merendam perumahan Taman Duta, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Sehari sebelumnya, banjir setinggi satu meter juga merendam kawasan Kampung Utan dan Krukut, Limo, Depok. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya