Cerita Warga yang Terdampak Banjir di Jakarta dan Bekasi

Banjir di Kampung Baru Jatibening, Bekasi Selatan
Sumber :
  • dok. istimewa

VIVA – Hujan yang turun sejak Selasa sore, 31 Desember 2019 hingga saat ini, Rabu pagi, 1 Januari 2020, membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, dikepung banjir. Tagar #banjir pun menjadi trending topic di Twitter Indonesia hari ini.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sejak pagi terpantau beberapa wilayah di Jakarta dan Bekasi terendam. Seperti di Kampung Baru Jatibening, Bekasi Selatan yang terendam sejak pukul 04.00. Hal ini diungkapkan oleh seorang warga bernama Yunita Amalia yang rumahnya terdampak banjir.

Kepada VIVA, Yunita Amalia menjelaskan bahwa air masuk ke rumahnya sejak pukul 04.00 dengan ketinggian setengah meter. Hingga saat ini kediamannya juga masih dikepung banjir.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

“Ini sudah surut dari jam 08.00 tadinya banjirnya sampai setinggi tempat cucian piring,” kata dia.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sang ayah, jelas Yunita berinisiatif memadamkan arus listrik di kediamannya. Hingga saat ini dirinya tengah mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

“Ini ngungsi di majelis karena udah surut,” jelas dia.

Air banjir masuk ke dalam rumah.

Bukan hanya Yunita saja, Anissa yang tinggal di wilayah Kemandoran, tepatnya di Jalan Kemandoran Pluis Kelurahan Grogol Utara Kebayoran Lama, Jakarta Selatan juga mengalami hal serupa. Air mulai masuk ke wilayah Annisa sejak subuh tadi pagi dengan ketinggian hampir dua meter.

“Untuk banjir setinggi ini baru pertama kali. Biasanya kalau hujan deras air naik paling semata kaki orang dewasa dan cepet surut ini enggak.” kata dia.

Dia menjelaskan pukul 07.20 listrik di kediamannya mengalami pemadaman. Hal ini akibat air yang terus naik. Hingga saat ini diakui Annisa belum ada bantuan evakuasi yang diterimanya. Ia beserta keluarga saat ini masih berada di lantai dua rumahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya