Logo BBC

Korban Banjir Jakarta Bukan Cuma Manusia

Evakuasi kucing saat banjir.
Evakuasi kucing saat banjir.
Sumber :
  • U-Report

Banjir di Jakarta dan sekitarnya tak hanya berdampak pada manusia, tapi juga para hewan. Seorang fotografer mengabadikan upaya penyelamatan seekor anjing oleh petugas pemadam kebakaran.

Hewan itu terikat dengan rantai di pagar rumah yang ditinggalkan pemiliknya di Cinere, Depok, Jawa Barat. Ketika banjir datang, dia tak dapat menyelamatkan diri.

"Selama kurang lebih dua jam, dia berjuang melawan arus banjir yang cukup kuat," kata Gala Indiga, warga yang tinggal sekitar 50 meter dari rumah pemilik anjing.

Setelah menyadari ada anjing yang sedang berusaha bertahan di arus air yang deras, Gala tak berani mendekat.

"Arus sangat deras hingga menghanyutkan mobil, dan portal besi pun jebol," kata warga Jalan Kalimantan, Cinere, itu kepada wartawan BBC News ndonesia, Famega Syavira.

Apalagi, lanjut Gala, aliran listrik di kompleks perumahan tersebut belum dimatikan sehingga ada risiko sengatan listrik.

Gala dan Ketua RW pun minta bantuan pada petugas pemadam kebakaran. Tak hanya untuk menyelamatkan anjing, tapi juga minta bantuan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumahnya karena air semakin tinggi.