Penyebab Banjir Jakarta Kali Ini Menurut Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram/aniesbaswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa banjir Jakarta yang terjadi Selasa ini, 25 Februari 2020 di ibu kota memang disebabkan oleh air lokal.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Menurut Anies kondisi itu bisa terlihat dari ketiadaan sampah di aliran Ciliwung yang biasanya terbawa jika ada kiriman air dari hulu Jakarta.

"Air yang ada di sini kalau Anda lihat, tidak banyak sampah. Artinya, itu air lokal," ujar Anies saat ditemui di pintu air Manggarai, Jakarta.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Anies menyampaikan, sekali pun airnya lokal namun jumlahnya begitu besar. Pintu air Manggarai sendiri sampai siaga I karena hujan mengguyur deras sejak Senin malam, 24 Februari 2020.

"Ini bukan air kiriman. Sampai Siaga I, artinya, jumlahnya cukup banyak," ujar Anies.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Anies juga mengemukakan, terlepas dari sebab yang membuat Jakarta berulang kali dilanda banjir di awal 2020, Pemprov DKI, senantiasa fokus melayani pengungsi. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menunjukkan ada setidaknya 3.565 jiwa yang mengungsi di 40 lokasi.

"Sekarang kita konsentrasi kepada penanganan bencana di masyarakat. Jadi konsentrasi kita ke sana, semua sumber daya kita siapkan untuk terjun," ujar Anies.
 

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

KPU Provinsi DKI Jakarta memastikan duet antara Anies Baswedan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2024 tidak akan terwujud.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024