KPAN Siapkan Aksi Nasional Cegah AIDS

VIVAnews - Untuk mengatasi masalah HIV dan AIDS yang jumlah penderitanya terus bertambah, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) menyusun rencana dan strategi yang dinamakan Aksi Nasional untuk tahun 2010 hingga 2014. Dengan adanya Aksi Nasional ini, KPAN berharap ke depannya jumlah penderita HIV dan AIDS semakin berkurang.

"Kami optimis masalah AIDS akan berkurang. Apalagi jika seluruh lapisan masyarakat mau mencegahnya," ujar Agung Laksono, Ketua KPAN yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) yang dikutip dari situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis 14 Januari 2010.

Aksi Nasional ini, kata Agung Laksono, merupakan sebuah kegiatan yang tidak hanya sekadar melakukan upaya sosialisasi pencegahan melalui imbauan, tetapi juga berupaya menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dengan memperdalam moral dengan akhlak baik.

Selain jumlah penderita AIDS yang semakin lama semakin mengkhawatirkan, Agung juga mengemukakan KPAN akan terus mengupayakan kampanye pencegahan AIDS dengan memberikan kegiatan-kegiatan positif baik bagi masyarakat umum maupun bagi para penderita yang positif terjangkit virus HIV.

"Kami akan memberikan kegiatan positif terutama bagi mereka yang terjangkit HIV/AIDS," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPAN yang juga Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mengungkapkan bagi para penderita HIV/AIDS sebaiknya mengoptimalkan pengarahan serta pelayanan yang dapat diperoleh dari puskesmas ataupun klinik yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

"Optimalkanlah pelayanan serta pengarahan dari puskesmas atau klinik di seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Data dari Departemen Kesehatan (Depkes) menyebutkan sejak triwulan pertama hingga 30 September 2009, secara komulatif jumlah kasus HIV/AIDS tercatat sebanyak 18442 kasus dari 32 provinsi dan 300 kabupaten/kota yang melaporkannya kepada Depkes. Dari data itu menyebutkan jumlah terbanyak ditemukannya kasus HIV/AIDS terdapat di Jawa Barat, kemudian disusul Jawa Timur di posisi kedua dan DKI Jakarta berada di posisi ketiga.

 

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024