Anies: Upacara HUT RI ke-74 di Pulau Reklamasi Bawa Pesan Keadilan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawedan, memimpin upacara HUT RI ke-74 di Pulau D Reklamasi
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan alasan dia mengeluarkan kebijakan untuk upacara memperingati HUT RI ke-74 di Pulau D Reklamasi atau Pantai Maju, Jakarta Utara. Ini kali pertama Pemprov DKI gelar upacara bendera HUT RI di pulau reklamasi.

Bahlil Ungkap Miliader Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Untuk Investasi di IKN

Menurut Anies, lahan tersebut akan menjadi pesan keadilan di Ibu Kota. "Ini adalah lahan yang ketika proklamasi dikumandangkan, belum ada tanah di sini. Ini adalah lahan baru. Tapi kita ingin kirimkan pesan kepada semua, bahwa ini bukan lahan milik pribadi. Ini adalah lahan milik Negara Republik Indonesia," kata Anies saat berpidato sebagai Inspektur Upacara di kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara, Sabtu 17 Agustus 2019.

Ribuan peserta yang berasal dari seluruh SKDP Pemprov Jakarta terpantau turut khidmat mengikuti seluruh rangkaian upacara. Anies menambahkan, di tanah pulau reklamasi ini, ada tanah Indonesia. Karena itu dapat menjadi pesan yang kuat kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat sama-sama menikmati dan menjaganya.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

"Saudara-saudara sekalian turut menjadi saksi. Saudara-saudara sekalian turut menjadi bagian dari yang memastikan bahwa di Ibu Kota ada keadilan. Di Ibu Kota ada kepastian hukum. Dan insya Allah ini akan bisa menjadi contoh bagi anak-anak kita dan anak-anak dari anak-anak kita," kata Anies disusul tepuk tangan para peserta upacara.

Diketahui, pengelolaan Pulau D tersebut dilakukan  PT Jakpro, perusahaan BUMD DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Upacara dalam rangka memperingati HUT RI baru kali ini digelar jajaran Pemprov DKI di Pulau D Reklamasi ini. Sebab di tahun-tahun sebelumnya, upacara tersebut diselenggarakan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. (ren) 
 

Orang Kaya Versi Forbes 2012 Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Investasi di IKN, Initip Gurita Bisnisnya

Sukanto Tanoto adalah pemilik Royal Golden Eagle (RHE), sebuah grup yang bergerak di bidang pulp dan kertas, minyak sawit, dan energi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024