Anies Janjikan Jalur-jalur Sepeda di Jakarta Tuntas Akhir 2019

Jalur sepeda di trotoar kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji, jalur-jalur sepeda yang akan banyak dibangun Pemprov DKI, akan tuntas pada akhir 2019. Jalur sepeda ini nantinya dapat membantu Jakarta kurangi polusi udara.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Menurut Anies, proses perencanaan jalur yang dimaksudkan sebagai alternatif transportasi bagi warga untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi, saat ini terus berjalan.

"(Perencanaan jalur-jalur sepeda) itu sedang dalam proses. Nanti (jalur sepeda) kita akan berharap bisa tuntaskan mudah-mudahan sebelum akhir tahun," ujar Anies di kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu, 15 September 2019.

Mobil Yaris Tabrak Pembatas Lajur Sepeda hingga Ringsek di Sudirman

Anies menyampaikan, satuan-satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI terkait, telah menuntaskan diskusi terkait rencana itu pekan lalu. Hasil diskusi akan diserahkan kepada Anies yang selanjutnya menjadi dasar keputusan pembuatan jalur-jalur sepeda.

"Minggu lalu sudah selesai workshop-nya," ujar mantan Mendikbud ini.

Detik-detik BMW Ringsek Usai Tabrak Beton Jalur Sepeda di Sudirman

Anies juga mengemukakan, dalam waktu dekat, ia akan menggelar konferensi pers untuk menjelaskan secara detail rencana kebijakan baru DKI untuk mendorong warga lebih banyak bersepeda. 

Hal yang akan diumumkan di antaranya rute jalur sepeda, hingga prasarana hingga insentif yang akan diberikan sehingga warga tertarik banyak menggunakan sepeda. "Saya rasa ini akan disampaikan secara detail pada saat kita peluncuran (kebijakan)-nya," ujar Anies.

Diketahui, DKI akan mendorong penggunaan sepeda sebagai alat mobilitas warga dalam mengurangi kemacetan, juga polusi udara. Anies menjanjikan DKI akan membangun jalur sepeda untuk mengakomodir warga yang menggunakan sepeda di Jakarta.

"Insya Allah kita di Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun lebih banyak lagi jalur-jalur sepeda di jalan-jalan yang ada di Jakarta, sehingga bagi pengguna sepeda bisa lebih aman," ujar Anies usai bersepeda dari Balai Kota DKI ke Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat, 30 Agustus 2019. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya