Terungkap Pemicu Septic Tank Meledak yang Tewaskan Sopir Sedot WC

Ilustrasi garis polisi
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad A.R.

VIVA – Polisi menyebut meledaknya septic tank yang menewaskan sopir sedot tinja berinisial S (44) diduga kuat karena sulutan api. Api dari koran disulut S untuk memastikan kalau septic tank tak lagi mampet.

Ledakan Terjadi di PT San Xiong Steel Lampung, 3 Karyawan Alami Luka Bakar

Padahal, kata polisi, septic tank mengandung gas metana yang berasal dari kotoran manusia.

"Iya, dugaan awal karena adanya gas di dalam septic tank itu," kata Kapolsek Cakung, Komisaris Polisi Pandji Santoso saat dikonfirmasi VIVAnews, Selasa, 5 November 2019.

Mobil Pelat Merah di Gorontalo Bawa Miras 1 Ton Ditangkap Polisi

Hal senada disampaikan Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Cakung, Ajun Komisaris Polisi Tom Sirait. Kasus semacam ini tak dipungkiri kerap terjadi. Maka itu, ia menegaskan, bukan karena ada saluran pipa gas yang menyebabkan meledaknya septic tank.

Kasus pun tak bisa dilanjut. Tak ada tersangka dalam kasus ini karena kesalahan S sendiri sehingga menyebabkan dirinya meninggal dunia.

Warga Terdampak Ledakan Gudmurah Belum Terima Ganti Rugi, Bey Machmudin Bilang Begini

"Ya namanya septic tank kan mengandung gas, di mana-mana seperti itu. Ada kasus orang mati di sumur atau di septic tank. Jadi, dia membakar koran untuk memastikan konsumen bahwa septic tank-nya sudah bersih, ya meledak, disambar sama gas itu. Jadi, ya pelakunya dia, korbannya dia juga," kata Tom.

Diketahui, peristiwa nahas ini terjadi pada Senin 4 November 2019. Bersama tim, S menyedot tinja di salah satu rumah di Kapling Blok O, RT. 16 RW. 03, Cakung, Jakarta Timur sekitar pukul 11.00 WIB. (ase)

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman

Sekda Herman Pastikan Penanganan Dampak Ledakan Gudang Amunisi Daerah di Bogor Cepat Terselesaikan

Herman memastikan penanganan dampak ledakan Gudang Amunisi Daerah di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, akan secepatnya diselesaikan.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024