Jadi Rektor UI, Prof Ari Ingin Mahasiswa Punya Kemampuan Wirausaha

Prof Ari Kuncoro resmi menjabat sebagai rektor UI menggantikan Prof M Anis.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Profesor Ari Kuncoro resmi menjabat sebagai rektor Universitas Indonesia (UI) menggantikan Profesor Muhammad Anis. Proses serah terima jabatan keduanya berlangsung di Balai Purnomo, kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu, 4 Desember 2019.

13 Orang Satgas PPKS UI Kompak Mengundurkan Diri

Ari mengungkapkan, dia telah menyiapkan berbagai program untuk UI ke depan. Di antaranya, pihaknya ingin kolaborasi dengan mahasiswa menjadi terbuka dan sekat fakultas hilang. “Kemudian kami ingin mahasiswa itu memiliki enterpreneur skills (kemampuan wirausaha), sehingga tidak hanya pintar tapi juga jago negosiasi, jago persuasi, jago monitoring,” ujarnya kepada wartawan.

Ari berharap, mahasiswa lebih aktif khususnya dengan warga negara asing. “Mahasiswa harus bisa ngomong dengan orang luar negeri secara budaya dan kemudian dia bisa menjadi pemimpin yang tidak hanya formal tapi pemimpin yang bisa menyemangati dan menjadi penggerak," ujarnya.

Melki BEM UI Keberatan 'Divonis' Lakukan Kekerasan Seksual, Sebut Kasusnya Janggal

Tidak hanya itu. Ari juga akan fokus pada kerja sama di bidang industri. “Jadi kita juga akan memberikan porsi kepada dunia industri. Industri jadi pengajar di dunia nyata,” ujarnya.   

Ketika disinggung apakah ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dilanjutkan oleh Prof Ari, mantan Rektor UI, Prof. Muhammad Anis mengatakan, tidak ada. Anis yakin, ditangan Ari, UI akan lebih baik lagi.   

Rektor UI Dikritik Karena Sering Absen Saat Pejabat Negara Berkunjung

“Enggak ada PR, kita memang selalu bekerja sama. Beliau itu kan dekan fakultas ekonomi dua periode jadi komunikasi sudah berjalan, dan saya yakin dia tahulah apa yang harus ditindaklnjuti makanya saya yakin UI akan lebih baik lagi,” ujarnya.  

Seperti diketahui, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Saleh Husin mengatakan, pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 020/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024.

Dengan demikian Prof Ari Kuncoro ditetapkan sebagai Rektor UI Periode 2019-2024 yang menjalankan tugas dan kewajiban, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI.

Ari Kuncoro terpilih menjadi rektor setelah mendapatkan 16 suara, dalam pemungutan suara yang dilakukan para anggota MWA UI, di Makara Art Center UI kampus Depok, Rabu, 25 September 2019. Ari mengalahkan dua calon rektor yang telah lolos melalui tahapan seleksi yakni Prof. Dr. Rer. Nat. Abd Haris dan Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya