Calon PPSU Direndam di Got, Inspektorat DKI Akui Ada Pelanggaran

Ilustrasi PPSU
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta langsung turun ke lapangan terkait beredarnya video calon petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) yang direndam di got.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Michael Rolandi, bersama jajaranya langsung memeriksa dan meminta keterangan, baik itu Lurah Jelambar, panitia seleksi PPSU dan calon anggota PPSU.

"Dari hasil pemeriksaan dan verifikasi yang sudah kita lakukan di lapangan, memang terindikasi kuat adanya pelanggaran dalam hal ketidakpatutan dalam proses seleksi dengan merendam atau memasukkan teman-teman peserta seleksi ini ke dalam saluran PHB (penghubung)," katanya di Jakarta, Senin 16 Desember 2019.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

"Jadi awal memang rencana itu hanya untuk melakukan tes lapangan berupa pembersihan saluran PHB," tambahnya.

Menurut dia, nantinya hasil pemeriksaan dari inspektorat itu akan memberi saran ke wali kota karena sesuai Peraturan Pemerintah  53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri, yang berhak lakukan pemeriksaan dan pemberian sanksi adalah atasan langsung Lurah Jelambar yakni camat.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Yang akan diinstruksikan pak wali untuk memeriksa dalam rangka penjatuhan disiplin pegawai negeri," katanya.

Sebelumnya,  Lurah Jelambar Jakarta Barat Agung Triatmojo mengaku pasrah setelah diberhentikan lantaran video viral pekerja honorer yang masuk ke got untuk melakukan tes fisik. Peristiwa PPSU masuk got itu diketahui terjadi pada pekan kemarin. Tes fisik itu meminta para pegawai honorer masuk ke dalam selokan. [mus]

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

UU DKJ mengatur peralihan status ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024