Pemprov DKI Klaim Tiga Tanggul Retak-retak Sudah Diperbaiki

Tim SAR mengevakuasi warga korban banjir di sejumlah wilayah di Jakarta Barat, Jumat 3 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace

VIVA – Pemprov DKI mengklaim bahwa tiga tanggul yang sempat ditemukan ada dalam kondisi retak-retak di Ibu Kota, sudah diperbaiki. Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Juaini Yusuf, ketiga tanggul, yaitu Kamal, Rawa Buaya, juga Latuharhari.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Ada laporan, langsung kita kerjakan (perbaikan tanggul). Ada tiga. Yang jelas tiga tanggul itu yang kita kerjakan," ujar Juaini di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 13 Januari 2019.

Juaini menyampaikan, tanggul-tanggul, mengalami keretakan akibat menahan volume air yang terlalu tinggi akibat banjir di awal tahun. Perbaikan dilakukan sehingga tidak ada potensi air rembes hingga menyebabkan banjir jika ada aliran air yang besar lagi ke Ibu Kota.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Tanggulnya juga sebenarnya tidak ada yang rusak, cuma (air) sempat rembes saja," ujar Juaini.

Juaini juga mengemukakan, usai diperbaiki, tanggul-tanggul dipastikan berfungsi optimal menahan air supaya tidak banjir. Kuatnya sarana-prasarana penanganan limpahan air diperlukan selama cuaca ekstrem diprediksi terus melanda Jakarta, juga kota-kota di sekitarnya hingga Februari atau Maret.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Kemarin itu air masuk sedikit karena ada celah kosong, tetapi bukan karena konstruksinya. Tidak ada masalah dengan konstruksi (tanggul)," ujar Juaini.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pendataan terhadap tanggul-tanggul di Ibu Kota yang rusak atau retak. Kondisi itu cukup berbahaya jika banjir kembali melanda Jakarta. 

"Di Jakarta ini kalau rusak, rusak dalam arti tanggul dan lain-lain ada, tapi yang lebih mengkhawatirkan itu yang mulai retak-retak," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya