Tinjau Korban Banjir Demak, Jokowi Ungkap Biang Keroknya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan ke Jawa Tengah
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan masyarakat terdampak banjir di Demak, Jawa Tengah pada Jumat, 22 Maret 2024. Usai meninjau korban banjir di SM Ganesa Demak, Jokowi buka-bukaan penyebab banjir di wilayah tersebut.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Menurut Jokowi, intensitas hujan yang tinggi membuat beberapa tanggul menjadi jebol hingga akhirnya terendam banjir di Demak.

“Ini memang hujannya sangat ekstrem, karena hujan ekstrem itu 150 milimeter. Yang di sini sudah 238 milimeter, sangat ekstrem sekali. Sehingga tanggul yang ada tidak muat dan menggerus dan jebol tanggulnya,” kata Jokowi.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan ke Jawa Tengah

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Selain itu, Jokowi mengatakan banyak tanaman dan pohon-pohon yang ditebang sehingga membuat sedemintasi sungai alirannya mudah meluap. Memang, kata dia, semua sungai itu masalahnya selalu sedimentasi.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

“Semua waduk, semua sungai itu problemnya selalu sedimentasi. Kenapa itu terjadi? Karena juga tidak dihambat di hulunya, tanaman-tanaman yang banyak, banyak yang ditebang. Problemnya semua di situ. Kalau ndak terjadi banjir bandang, ya banjir. Problemnya di situ,” jelas dia.

Maka dari itu, Jokowi mengatakan Pemerintah Daerah harus melakukan sedimentasi sungai dengan menanam kembali tanaman-tanaman yang banyak. Disamping itu, kata dia, alih fungsi lahan juga harus dicegah.

“Pemda itu (upaya penanganan jangka panjang). Penanaman kembali, penghutanan kembali, pengalihan lahan memang harus tetep. Alih fungsi lahan itu memang harus dicegah, alih fungsi lahan seperti pembalakan itu yang menyebabkan kejadian. Semua problem itu berasal dari balakan liar,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah sudah melakukan perbaikan dengan cepat terhadap tanggul jebol yang menjadi penyebab banjirnya di daerah Demak dan Kudus, Jawa Tengah. Maka, ia berharap perbaikan tanggul bisa segera rampung.

Sebab, Jokowi sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengatasi persoalan tanggul jebol tersebut.

“Tadi saya tanya ke Pak Menteri PU, yang jebol sudah dikerjain. Kita harapkan malam ini atau besok sudah bisa nutup, memang airnya melimpah sangat besar sekali,” kata Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Kamis malam, 21 Maret 2024.

Disamping itu, Jokowi juga sudah memerintahkan BNPB untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak atau menjadi korban banjir di Demak dan Kudus. “Saya rasa BNPB sudah langsung kesana, sudah saya perintah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya