Antisipasi Konsumsi Alkohol dan Doping, Kesehatan Sopir Bakal Dicek Saat Mudik Lebaran

Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Mudik.
Sumber :
  • Twitter

Jakarta - Tes kesehatan bakal dilakukan terhadap para sopir selama periode arus mudik dan balik hari raya Lebaran Idul Fitri 1445 H. Sopir yang dimaksud terutama driver angkutan yang kerap pakai doping atau suplemen guna meningkatkan stamina selama mengemudi.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

“Terkait dengan kendaraan atau sopir yang untuk menambah vitalitas dia melakukan dengan doping dan lain sebagainya. Itu nanti dari Kementerian Perhubungan,” kata Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso, Jumat 22 Maret 2024.

Adapun pengecekan kesehatan bakal dibarengi dengan pengecekan kendaraan. Hal itu tak lain supaya memastikan keselamatan baik pengemudi juga penumpang selama arus mudik dan balik lebaran.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

“Itu akan dilaksanakan ramp check, itu pengecekan untuk kendaraannya. Terkait dengan kondisi kendaraannya, kendaraan angkutan umum, termasuk dengan drivernya,” ujarnya.

Kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023 di Tol Cipali

Photo :
  • Antara
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Tes kesehatan pengemudi dan kendaraan bakal dilakukan di setiap rest area serta pos pengamanan yang sudah disiapkan. Rest area itu baik di jalan arteri maupun non arteri yang tersebar hampir di 1.500 titik.

“Di rest-rest area kami juga akan mempersiapkan kita sudah mempunyai alat namanya control alkohol kita, atau alkohol tes, nanti akan kita cek akan menggunakan itu," lanjut Slamet.

Dia bilang soal itu nanti pihaknya mengandeng Kementerian Perhubungan atau Kemenhub.

"Nanti kita kerja sama dengan Kementerian Perhubungan, sama-sama untuk mengadakan ramp check pada kendaraan maupun terhadap pengemudi yang ada,” kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya