BPBD DKI Pasang Alat Peringatan Banjir Rp4 Miliar, Ini Lokasinya

Alat peringatan dini bencana atau Disaster Warning System (DWS) di Jakarta.
Sumber :
  • BPBD DKI Jakarta

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta saat ini telah menambah alat peringatan dini bencana atau Disaster Warning System (DWS) sebanyak 6 unit pada 2020.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Kepala BPBD DKI Jakarta Moh. Insyaf mengemukakan, DWS itu dipasang di berbagai tempat di antaranya, di Bukit Duri, Kebon Baru, Kedaung Kali Angke, Cengkareng Barat, Rawa Terate dan Marunda.

Total anggaran pengadaan nilainya mencapai miliaran rupiah. Dana diambil dari anggaran pada tahun 2019. Untuk biaya perawatan alat itu mencapai ratusan juta. "Pemeliharaan DWS, anggaran Rp165.000.000 dan pengadaan DWS 6 set, anggaran Rp4.073.901.441," ujarnya saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 16 Januari 2020.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Alat ini dapat memberikan informasi kepada warga apabila ada tanda-tanda peringatan akan terjadi banjir di daerah tersebut.

Menurut dia, setiap DWS yang dipasang ini terdapat empat pengeras suara agar masyarakat dapat mendengar langsung apabila tanda peringatan telah dibunyikan oleh petugas BPBD. "Fungsi alat berupa speaker jarak jauh yang berfungsi mengumumkan informasi kepada masyarakat pada daerah rawan banjir yang dibunyikan saat pintu air sungai alirannya Siaga 3 (Waspada)," katanya.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Rencananya, kata dia, BPBD DKI Jakarta akan menambah enam unit DWS lagi yang akan dipasang di enam kelurahan di Ibu Kota pada 2020.

Tangkapan layar data lokasi gempa Garut.

Hari Ketiga Pascagempa Garut, BNPB Catat 267 Rumah Rusak

Sampai dengan hari ini, tercatat ada sebanyak 267 rumah warga terdampak gempa Garut yang terjadi pada Sabtu malam 27 april 2024 pukul 23.29 WIB.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024