Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Tangerang Terendam Banjir 2 Meter

Banjir di Kecamatan Periuk Kota Tangerang, Banten
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Jebolnya tanggul Sungai Cirarab, Tangerang mengakibatkan kurang lebih 450 rumah warga yang berada di kawasan Periuk Damai, Kecamatan Periuk, Tangerang terendam banjir setinggi 2 hingga 2,5 meter, Selasa, 4 Januari 2020.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Alhasil, sebanyak 1.116 jiwa harus dievakuasi untuk mengungsi di Masjid Al Jihad, serta GOR Periuk yang juga berada di perumahan tersebut.

Salah seorang warga, Raden Dani mengatakan, sebelumnya banjir yang merendam wilayah tersebut sempat surut, namun saat tanggul tersebut jebol pada dini hari tadi, ditambah air kali yang meluap, air langsung merendam rumah dengan cepat.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Sempat surut sekitar 60 sampai 80 sentimeter dan beberapa warga juga ada yang balik kerumah untuk ambil barang, tapi ternyata air kembali naik dan makin tinggi," ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin meminta agar warga tetap bertahan di lokasi evakuasi dan tidak kembali ke rumah untuk sementara waktu.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

"Usahakan agar masyarakat bisa dievakuasi semua, dan warga yang sudah dilokasi pengungsian, jangan dulu kembali kerumah karena air sudah tinggi dan kemungkinan masih akan turun hujan," ujarnya.

Pemerintah Tangerang juga telah menurunkan sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari petugas Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas PUPR, serta bantuan dari TNI guna membantu proses evakuasi serta pengamanan di sekitar lokasi terdampak banjir.

"Sebagai langkah preventif, Pemkot memutus sementara aliran listrik di lokasi-lokasi yang saat ini sedang tergenang banjir. Supaya lebih aman dan tidak ada korban akibat aliran listrik," katanya.

Untuk proses evakuasi, BPBD Kota Tangerang telah menyiapkan perahu serta pendirian posko di sejumlah titik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya