Temuan Serpihan Radioaktif di Tangerang, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Petugas memeriksa tanah dan serpihan yang mengandung radioaktif di Tangsel.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Kepala Biro Hukum Kerjasama dan Komunikasi Publik Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Indra Gunawan mengatakan, secara umum radioaktif memang mempunyai efek berbahaya bagi kesehatan, seperti mengakibatkan kanker dan  mandul.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Hal itu dikemukakan Indra terkait adanya temuan tanah dan serpihan yang mengandung radioaktif jenis Cs-137, di tanah kosong kawasan Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangerang Selatan.

"Dampak kesehatan tentu ada, secara umum penyakit yang muncul yakni kanker lalu bisa juga mandul. Dan ini efek dalam dan efek tunda, jadi enggak spontan, seperti gatal-gatal," katanya, Sabtu, 15 Februari 2020.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Lantaran itu, pihaknya bersama beberapa pihak terkait, salah satunya Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), terus melakukan pengerukan pada tanah seluas 10x10 meter tersebut. "Makanya sampai sekarang terus kita keruk, dan terus kita uji apakah sudah aman dari radioaktif atau belum," ujarnya.

Sementara ini, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, petugas juga memasang garis batas aman atau garis kuning, agar masyarakat tidak memasuki lokasi yang dilarang. "Secara keseluruhan tentunya aman, tidak ada dampaknya ke pemukiman. Tapi, kita tentu tetap imbau agar warga tidak melewati garis batas," ujar.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Diketahui, pada pada 7 dan 8 Februari 2020, Bapeten menemukan beberapa serpihan sumber radioaktif dan langsung diangkat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 

Arsip foto - Petugas PLN melakukan pengecekan terhadap biomassa yang berasal dari serbuk kayu untuk digunakan sebagai substitusi bahan bakar batu bara atau (co-firing) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon, Banten.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

BRIN ikut terlibat dalam transisi energi fosil ke energi baru terbarukan di Indonesia melalui studi konversi pembangkit listrik batu bara menjadi nuklir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024