Cara Rutan di Depok Cegah Infeksi Virus Corona pada Narapidana

VIVA – Berbagai cara telah dilakukan petugas rumah tahanan negara (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) untuk menangkal penyebaran virus Corona (Covid-19). Di antaranya dengan memberlakukan “sistem lockdown”.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Salah satunya seperti yang diberlakukan di Rutan Depok, Jawa Barat.  Di tempat itu, petugas juga menerapkan sistem penjagaan yang ekstra ketat, khususnya dari segi kesehatan. Kebijakan ini diberlakukan dari mulai pintu gerbang utama hingga ke area gedung warga binaan atau narapidana.

Bukan itu saja, sekitar 700 narapidana yang mendekam di tempat ini juga wajib berjemur massal pada pukul 09:00 WIB. Kepala Rutan Kelas I Depok, Dedy Cahyadi, menuturkan, selain berjemur massal bersama petugas, pihaknya juga menyediakan ekstra fooding hingga perlengkapan mandi anti septik untuk sejumlah warga binaan tersebut.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas dan perilaku hidup sehat serta sebagai bentuk perhatian dan kepedulian petugas kepada para warga binaan yang berada di sini yang pada akhirnya akan membentuk pola keamanan dinamis,” katanya pada Rabu 1 April 2020

Dedy menjelaskan kegiatan itu berlangsung di lapangan utama Rutan Depok. “Kegiatan diawali dengan berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit, dilanjutkan dengan pengarahan dari saya, terkait perilaku hidup bersih dan perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19,” ujarnya

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Lebih lanjut Dedy menegaskan, terkait dengan darurat Covid-19, pihaknya telah melakukan pembatasan layanan kunjungan langsung dan mengalihkannya menjadi kunjungan virtual berupa layanan video call yang fasilitasnya telah disiapkan secara khusus dan gratis namun dilakukan secara bergilir dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Kebijakan ini juga berlaku untuk para warga binaan yang sedang melalui proses persidangan. “Iya, sidang dilakukan secara online yakni terintegrasi dengan instansi-instansi terkait,” lanjut Dedy. 

Ilustrasi industri manufaktur

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Langkah Kementerian Perindustrian dalam mengeluarkan aturan terbaru terkait impor elektronik dinilai tepat untuk pengembangan industri manufaktur lokal.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024