KSPI: Pabrik-pabrik di Jakarta Masih Beroperasi Saat PSBB

Presiden KSPI, Said Iqbal
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyampaikan bahwa pabrik-pabrik di Jakarta, terus beroperasi di tengah diberlakukannya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, berdasarkan laporan dari para buruh, pabrik-pabrik itu di antaranya ada di Kawasan Industri Pulogadung (KIP) Jakarta Timur, Cakung, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Utara, juga Ancol.

"KSPI meminta Gubernur DKI Jakarta dan aparat keamanan bertindak tegas kepada perusahaan yang tidak meliburkan buruhnya," ujar Said Iqbal di Jakarta, Selasa, 4 April 2020.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Said Iqbal mengungkapkan, para pengusaha yang memiliki pabrik-pabrik itu, seolah tidak mengindahkan tindakan pemerintah memberlakukan PSBB. Tindakan itu akan membuat upaya untuk menekan penularan corona, menjadi tidak efektif.

"Kami meminta gubernur dan aparat keamanan untuk mengecek kebenaran dari laporan tersebut dan mengambil tindakan tegas kepada pengusaha yang tidak mengindahkan peraturan PSBB," ujar Said Iqbal.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Said Iqbal juga mengemukakan, tidak diliburkannya pabrik-pabrik, dinilai sebagai salah satu sebab juga Kereta Rel Listrik (KRL) dengan tujuan ibu kota terus dipenuhi penumpang. Said Iqbal mewanti-wanti para buruh bisa saja melakukan aksi mogok kerja jika para pengusaha terus memikirkan keuntungan saja di tengah wabah.

"Kita minta perusahaan yang belum meliburkan ditindak tegas. Jangan sampai kaum buruh mengambil langkah sendiri dengan mogok kerja tidak datang ke pabrik," ujar Said Iqbal.

Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024