Jelang New Normal, Lift di Bandara Soekarno-Hatta Pakai Tombol Kaki

Lift di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu, 3 Juni 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Jelang penerapan pola hidup baru atau new normal di tengah pademi virus Corona atau Covid-19, PT Angkasa Pura II akan menambah tombol lift di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dalam penggunaannya, para calon penumpang bisa menekan tombol lift menggunakan kaki.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, rencananya lift dengan tombol kaki itu akan ada di seluruh lift yang ada di Terminal 2 dan Terminal 3.

"Dalam hal ini ada beberapa perubahan yang sudah dan akan kita lakukan di Bandara Soekarno-Hatta menuju tatanan baru, yakni tata cara mengoperasikan lift yang tadinya menggunakan tangan sekarang tombolnya menggunakan kaki," katanya, Rabu, 3 Juni 2020. 

Bisa Angkut 235 Orang, Ini Lift Terbesar di Dunia Ada di India

Baca juga: 76 Ribu Penumpang Tercatat di Bandara Soetta Sejak Perjalanan Dibatasi

Penambahan atau modifikasi tombol lift tersebut merupakan upaya pengelola bandar udara untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Dimana, tombol lift merupakan bagian yang sering disentuh oleh pengguna jasa. 

Damkar Selamatkan 6 Warga Terjebak Dalam Lift di Jaksel

Selanjutnya, selain menyiapkan tombol kaki pada lift, fasilitas-fasilitas yang kerap disentuh oleh penumpang akan diperbarui. Salah satunya, handrail escalator dan travelator.

"Kemudian nanti di beberapa fasilitas infrastruktur yang akan kita perbarui, seperti misalnya eskalator atau travelator, jaraknya kita atur dan dikasih marka. Demikian juga area-area yang berpotensi disentuh banyak orang seperti hand rel di travelator, nanti akan kita buatkan model dimana ada pembersihan otomatis. Jadi didisinfeksi secara otomatis," ujarnya. 

Lalu, pihaknya juga tengah fokus memperbarui dan menyiapkan fasilitas-fasilitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Termasuk menyiapkan pembatas transparan di tenant dan konter check in untuk menghindari droplet.

"Demikian juga di konter check in, kita berlakukan seperti itu. Intinya adalah, konsep physical distancing, konsep mencegah Covid-19 ini masuk dalam konsepnya new normal yang akan kita jalankan," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya