Polri Kepri Ringkus Sindikat Pembobol Rekening

Ilustrasi penipuan online (Photo/IndiaToday)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Subdit V Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggulung tiga tersangka kasus pembobolan rekening yang dilakukan anggota Sindikat Tulung Selapan Tipsani (Tipu Sana Sini). Ketiga tersangka berisial NA, AN dan MA. Mereka ditangkap di kawasan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri AKBP Nugroho Agus Setiawan mengungkap modus para tersangka melaporkan dengan kuasa palsu kepada provider telepon, bahwa handphone yang digunakan telah hilang dan nomor handphone tersebut akan dihidupkan kembali. 

"Setelah nomor handphone dikuasai dan dapat dihidupkan kembali, segala bentuk akses dapat dioperasikan termasuk dengan akses Internet Banking milik korbannya," ujar Nugroho, Selasa 30 Juni 2020.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Dia merinci tersangka NA berperan sebagai pengambil alih kepemilikan nomor telepon korban. Kemudian untuk tersangka AN berperan orang yang mendapatkan data nasabah korban.

"Terakhir tersangka MA berperan sebagai orang yang menyalurkan kembali data nasabah korban kepada tim lain yang bisa mengakses dan mengambil alih Internet Banking," ungkapnya.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Nugroho mengungkapkan para tersangka merupakan pemain lama atau sudah lama melakukan aksi kejahatannya. "Saat ini baru satu korban yang berhasil diungkap. Kami akan terus mengembangkan kasus ini, apakah ada korban lainnya atau tidak," ucapnya.

PS Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol I Putu Bayu Pati menambahkan, korban mengalami kerugian hingga Rp415 juta. Di menghimbau jika ada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban agar tidak ragu melapor kepada polisi. "Pengungkapan ini merupakan kado Hari Bhayangkara ke-74," ujar Putu.

Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024