Mural Indah di Terowongan Stasiun Cawang Sambut HUT RI ke-75

Mural di Terowongan Stasiun Cawang
Sumber :

VIVA – Beragam cara dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Seperti mempercantik jalan-jalan kampung dengan hiasan bernuansa Merah Putih, hingga berbagai perlombaan.

Mau Rasakan Hidup di Desa Menggembala Kambing Hingga Ambil Air Nira? Di Sini Tempatnya

Namun di tengah pandemi COVID-19 saat ini, berbagai kemeriahan itu kemungkinan tidak bisa dijumpai lagi. Namun situasi saat ini tidak menutup kreatifitas masyarakat. Seperti yang terlihat di terowongan Cawang, Jakarta.

Ya, sebuah mural cantik yang dikerjakan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Tebet Timur. Terowongan yang dipercantik tersebut adalah yang ada di dekat Stasiun Cawang, Jakarta Selatan.

Soiree Rooftop and Bar! Padukan Taman Tropis, Pantai dan Mural Cantik di Ketinggian

Selain untuk memperingati HUT RI ke-75, pembuatan mural juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya vandalisme di daerah tersebut.

Baca juga: Polisi: Kena Tilang Ganjil Genap, Bayar Rp500 Ribu atau Dipenjara

Serunya Corat-coret Mural di J&T Connect Fest

Lurah Tebet Timur Siti Fauziah Ghozali mengatakan dikarenakan banyak sekali coretan di terowongan cawang, sehingga dengan memperindah diharapkan aksi core-coret atau vandalisme tidak terjadi lagi.

"Sebelumnya banyak sekali coretan-coretan liar. Dari pada kita harus tindak lanjut aduan warga, kita percantik duluan," Kata Lurah Tebet Timur, Siti Fauziah Ghozali ketika dikonfirmasi, Senin 9 Agustus 2020.

Fauziah pun menambahkan untuk pengerjaan mural-mural tersebut dikerjakan oleh PPSU Kelurahan Tebet Timur. "Idenya dari saya," lanjutnya.

Selain itu terowongan Stasiun Cawang dipilih menjadi spot pembuatan mural di Kelurahan Tebet Timur karena tempat tersebut banyak dilewati warga. Termasuk pengendara.

"Ibaratnya spot itu 'fashionable', pas di tikungan jadi orang bisa lihat muralnya," katanya.

Unsur mural di terowongan Stasiun Cawang terdapat empat simbol yakni logo Jaya Raya, logo Jakarta Selatan, dan dua ondel-ondel. Selain itu, di dalam kolong jembatan juga dibuat mural tiga dimensi berbentuk persegi empat yang nampak timbul dari jauh.

Pembuatan mural sudah dimulai sejak Senin 3 Agustus 2020. Fauziah selalu memantau proses pembuatan mural tersebut. Dia memprediksi, seluruh mural tersebut akan rampung dalam waktu sekitar dua minggu. "Prediksi kelar sebelum 17 Agustus," katanya.

Selain dengan membuat mural, Fauziah menghimbau kepada warganya terutama kepada RW 01 hingga RW 10 di Kelurahan Tebet Timur, untuk menghias lingkungannya sendiri. Dikarenakan pada hari Kemerdekaan nanti tidak boleh ada kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti perayaan HUT di tahun-tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya