Balai Kota Jakarta Tak Lockdown meski Tujuh Pejabat Positif COVID-19

Wakil Gubenur DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • Pemkot Jaksel @KotaJaksel

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan tidak menutup alias lockdown Balai Kota meski belakangan diketahui ada tujuh pejabat yang berkantor di gedung itu positif terjangkit COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“[Balai Kota] tidak [ditutup]. Pejabat yang kena itu kan cuma beberapa orang. Terkait tempat sudah dicek: kenanya di mana, bagaimana, jadi protokol COVID-19 kita laksanakan. Ada beberapa kantor yang terpaksa satu lantai ditutup sementara atau satu gedung. Kita lihat situasi dan kondisinya,” kata Riza ketika ditemui di Masjid Al-Istikmal, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Agustus 2020.

Ada tujuh pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan serangkaian tes swab di lingkungan kerja mereka. Namun mereka tidak menunjukkan gejala sakit sehingga diperintahkan karantina mandiri dan bekerja di rumah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca: 7 Pejabat Pemprov DKI Jakarta Positif COVID-19

Para pejabat eselon II lainnya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang juga menjalani tes swab dinyatakan negatif COVID-19 dan dalam keadaan sehat. Mereka tetap bekerja di kantor sebagaimana biasanya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

PSBB diperpanjang

Meski berbagai cara sudah dilakukan untuk memutus rantai penularan COVID-19, jumlah penderita setiap harinya terus bertambah. Riza pun mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dan bersinergi dengan pemerintah.

“Tugas pemerintah, sebagaimana disampaikan, adalah 3T: testing, tracing, dan treatment. Tugas masyarakat, kita semua, sebagai warga Jakarta, ya, 3M. Mudah-mudahan kalau kita bersinergi positif, saling membantu, insyaallah bisa kita memutus rantai COVID-19," katanya.

Di masa perpanjangan PSBB yang kelima, tempat-tempat hiburan seperti karaoke dan spa belum dibuka, namun arena olah raga dan bioskop sudah bisa. “Kita bertahap: karaoke, spa belum [dibuka], tapi lapangan tenis, bulu tangkis, tempat olah raga, mungkin sudah bisa dimulai, termasuk bioskop," kata Riza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya