Wagub Riza Minta Warga 82 Kelurahan di Pinggiran Ciliwung Bersiap

Wagub DKI Jakarta A Riza Patria mengunjungi Pasar Palmerah Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Andrew Tito

VIVA – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta kepada masyarakat Ibu Kota yang berada di daerah pinggiran Sungai Ciliwung agar bersiap siaga. Sebab, masih ada kemungkinan terjadi genangan air akibat hujan maupun kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat. 

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

"Kami minta masyarakat untuk bersiap, ada 82 kelurahan yang dilalui Sungai Ciliwung, yang dimungkinkan nanti terjadi genangan di sekitar Sungai Ciliwung. Karena itu kita minta masyarakat bersiap di musim hujan," kata Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

Apalagi, lanjut dia, terjadi anomali di beberapa daerah ada terjadi banjir disertai badai. Fenomena itu biasanya di Jakarta terjadi pada akhir Desember hingga Maret tiap tahunnya.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Baca juga: Utang APBN 2020 Capai Rp693,6 Triliun, Sri Mulyani: Makin Berat

"Ada percepatan untuk itu, jadi masyarakat harus bersiap di samping terus menjaga kebersihan lingkungan tidak membuang sampah. Kita minta masyarakat membantu untuk membersihkan selokan atau tempat lain, sehingga aliran air terus bisa mengalir ke sungai dan kita teruskan ke laut," ujarnya. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Kemudian, Riza menuturkan, sejak kemarin sore hingga malam terjadi peningkatan curah hujan, debit air, di Katulampa juga mencapai tingkat yang cukup tinggi sampai siaga 1. Meski, saat ini sudah surut kembali hingga siaga 4. 

"Tadi malam pak gubernur, saya dan jajaran juga mengecek langsung ke pintu air Manggarai. Kita sudah siapkan beberapa alat berat termasuk truk untuk mengambil sampah dan kami juga sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat," ujarnya. (art)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024