Malam Misa Natal, Polisi dan TNI Gelar Patroli Skala Besar

Kapolda Metro Jaya, Irjen pol Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA - Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran, melepas tim patroli malam misa natal di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya pada Kamis, 24 Desember 2020. Menurut dia, ada 300 personel yang tergabung dalam patroli skala besar pengamanan malam misa natal tersebut.

Perintah Jenderal Listyo Sigit ke Anak Buahnya: Tingkatkan Patroli pada Jam Rawan Selama Warga Mudik

"Ini patroli skala besar gabungan Kodam Jaya Jayakarta, Polda Metro Jaya, Satpol PP dan Dinas Perhubungan melaksanakan patroli pengamanan perayaan kebaktian missa natal," kata Fadil di Mapolda Metro.

Dalam patroli ini, Fadil mengatakan ada dua kelompok besar yakni kelompok dari tingkat Polda Metro Jaya dan patroli skala besar di tingkat Polres. Untuk kelompok pertama, ia mengatakan tim patroli dilepas di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Panik Lihat Patroli, Pemotor Ini Tabrak Petugas Kepolisian

"Patroli skala besar di tingkat Polres, masing-masing Kapolres, Dandim beserta unsur Kota Madya juga melaksanakan patroli sama-sama," ujarnya.

Baca juga: Gereja di Solo Gelar Misa Natal, Tak Terima Jemaat Pendatang

Kapolri Minta Tim Patroli Perintis Presisi Gerak Cepat Bantu Warga

Maka dari itu, Fadil berharap kegiatan patroli ini bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan missa natal kebaktian natal malam ini. “Dari 300 personel, masing-masing 100 personel dari Polda, 100 personel dari Kodam, sisanya dari Pemprov DKI,” jelas dia.

Di samping itu, Fadil mengatakan pihaknya akan melaksanakan operasi kemanusiaan dengan penyemprotan disinfektan di gereja-gereja yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan sekitarnya.

Sementara Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, berharap tim patroli sama-sama bisa menjaga keamanan dan keselamatan dalam rangka hari natal dan tahun baru.

"Dengan ucapan bismillah, semoga apa yang akan kita lakukan bersama mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Dudung.

Ribuan Personel Gabungan

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan ada 8.779 personel gabungan untuk menjaga sejumlah gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Menurut dia, polisi disebar untuk menjaga keamanan warga yang akan melaksanakan malam misa natal pada Kamis, 24 Desember 2020.

"Ada kekuatan personel 8.779 yang kita turunkan gabungan TNI dari Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP," kata Yusri di Mapolda Metro pada Kamis, 24 Desember 2020.

Ia mengatakan para personel gabungan akan disebar untuk menjaga gereja yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi sekitar 1.635 gereja. Harapannya, supaya masyarakat bisa melaksanakan ibadat dengan lancar.

"Ada beberapa gereja menjadi skala prioritas sekitar 136 prioritas skala gereja. Karena kapasitasnya besar," ujarnya.

Di samping itu, Yusri mengatakan petugas keamanan juga akan memantau penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus COVID-19 di gereja-gereja. Tentu, pemerintah sudah membuat aturannya juga.

"Sudah ada aturan dari Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi. Saudara-saudara dari gereja sudah mengerti, yang biasanya 2.000 orang, mereka menerima jemaah cuma 200 orang," kata dia.

Yusri meyakini pihak gereja sudah siapkan penerapan protokol kesehatan dengan baik, bahkan ada jemaah lain yang akan mengikuti malam misa natal melalui virtual dan masuknya juga terdaftar melalui online menggunakan barcode.

“Jadi, enggak mudah memang physical distancing protokol kesehatan tetap dilaksanaman 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Ini yang dilakukan patroli dari TNI, Polri maupun Pemprov untuk langsung mengecek ke gereja-gereja tersebut," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya