Suasana Haru Pemakaman Prof Firmanzah di TPU Tanah Kusir

Suasana haru pemakaman Prof Firmanzah
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Jenazah almarhum Rektor Universitas Paramadina, Prof Firmanzah tiba di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Sabtu 6 Februari 2021 tepatnya pukul 13.59 WIB. Almarhum juga merupakan salah satu Guru Besar Universitas Indonesia dan juga Komisaris PT Bakrie & Brothers.

Sekjen Sema Paramadina Bela Hak Melki Dapatkan Keadilan

Dari pantauan VIVA di lokasi, suasana haru menyelimuti proses pemakaman almarhum. Tampak sejumlah pelayat yang telah hadir di area TPU Tanah Kusir ikut mengiringi jenazah korban dimakamkan.

Berpulangnya Dekan termuda di FEUI ini membuat sejumlah kalangan berduka. Beliau dikenal sebagai sosok ekonom handal dan sering berbagi ilmu. Pemikiran dan wawasannya dinilai luar biasa.

Profil Prabu Revolusi, Jurnalis Senior yang Dipecat dari Deputi Komunikasi TPN Ganjar-Mahfud

Almarhum Prof Firmanzah yang juga tercatat sebagai Komisaris PT Bakrie & Brothers itu meninggal di usia 44 tahun.

Firmanzah lahir di Surabaya pada 7 Juli 1976. Saat menginjak usia 32 tahun, beliau menjadi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) periode 2009-2013. Ia mencatat sejarah dekan termuda yang pernah dimiliki UI.

Thrifting di AS, WNI Temukan Jaket Universitas Paramadina yang Dijual 7 Dolar

Terpilihnya Fiz (panggilan akrab Firmanzah) sebagai dekan, menerobos senioritas dalam tubuh kampus beralmamater kuning itu. Ia terpilih sebagai dekan pada 14 April 2008. Selain menjadi dekan, Fiz aktif mengisi seminar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ia juga menulis buku maupun jurnal.

Pada 15 Januari 2015, beliau terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo (periode pertama 2014-2019).

Sebelumnya, Fiz juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi pada Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya