Polisi Minta Anies Baswedan Ganti Beton Pembatas Jalur Sepeda

Pesepeda adang pemotor yang masuk jalur sepeda (Foto/jakarta_zone)
Sumber :

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menilai planter box atau pembatas di jalur sepeda permanen di sepanjang Sudirman, harus diganti. Pembatas antara jalur sepeda dengan kendaraan bermotor itu adalah beton yang sangat berat, yang dapat mengakibatkan fatalitas ketika kecelakaan terjadi.

Anggaran Kurang Jadi Alasan Polisi Kirim Tilang Lewat WA, Sebulan 1 Juta Pelanggaran

Fatalitas akibat menabrak planter box tersebut juga bisa dialami pesepeda, bukan hanya dialami pengendara lain.

"Jadi kerusakannya itu crash nya lebih besar dan ini sudah terbukti ada dua kali kecelakaan lalin begitu tabrak planter box kerusakannya lebih besar. Karena kan bisa jadi pesepeda lagi sepeda kesenggol jatuh, kalau dia nggak pakai helm fatalitas. Atau mungkin ya itu pengguna jalan lain waktu melintasi di tengah itu ada betonnya tertabrak pasti fatalitasnya tinggi," ujar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar kepada wartawan, Senin 10 Mei 2021.

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

Baca juga: Ribuan Pemudik Berusaha Tembus Penyekatan di Perbatasan Bekasi

Tapi, dia tidak menuding kalau penyebab kecelakaan karena keberadaan planter box tersebut. Polisi hanya memikirkan dampak berbahaya bagi pengendara, apabila terjadi kecelakaan melibatkan planter box tersebut. Penggantian planter box juga dinilai penting untuk saat ini, ketimbang membahas eksistensi jalur sepeda permanen.

Sosok Herimen, Jenderal Bintang 2 Polri yang Pernah Tembak Kaki John Kei

"Jadi kalau saya ditanya apakah dalam waktu dekat jalur sepeda permanen itu ditiadakan, jawaban saya yang terdekat adalah mengganti dulu planter box itu dengan bahan yang lebih lunak," katanya.

Ia mengaku, sebenarnya saran memakai pembatas jalur dengan benda lebih lunak sudah disampaikan dalam FGD beberapa waktu lalu. Hal itu masuk dalam 4 saran yang diajukan pihaknya, yaitu safety

Untuk itu, polisi kembali meminta Pemprov DKI dan Gubernur DKI Anies Baswedan mengganti planter box dengan bahan lunak.

"Jadi jalur sepeda itu harus buat aman penggunanya misalkan tidak ada rintangan, hambatan. Terbuat dari bahan tidak keras sehingga begitu saat terjadi crash, benturan tidak menyebabkan fatalitas. Saya sudah rekomendasikan, salah satu konsep itu ialah pembuatan planter box-nya bukan dari beton, ini beton 300 kilo. Saya minta dari bahan lunak," kata Fahri lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya