Pesepeda Meninggal di JLNT Casablanca, Dishub: Diduga Serangan Jantung

Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Casablanca, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Seorang pria bernama John Daniel (62) meninggal dunia saat mengikuti kegiatan road bike, di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) rute Kampung Melayu - Tanah Abang atau Casablanca, Jakarta, Minggu pagi, 23 Mei 2021.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan korban meninggal dunia karena terkena serangan jantung. Pada saat kejadian, korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Tarakan guna mendapat pertolongan.

"Informasi dari keluarga almarhum, memang sedang latihan untuk persiapan road bike tour dan ada riwayat sakit jantung," katanya kepada wartawan, Minggu 23 Mei 2021.

Hindari Mobil Mogok, Pesepeda Tewas Tertabrak Truk di Jalan Raya Bogor

Hal senada dikemukakan Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Rudy Saptari. John meninggal dunia diduga karena serangan jantung.  "Diduga seperti itu (serangan jantung). Keluarganya juga membenarkan (dia) punya riwayat jantung," katanya.

Rudy menambahkan, berdasarkan penuturan keluarganya, jantung John sudah pernah dipasangi ring sekitar 15 tahun lalu. Dokter juga menduga, John meninggal dunia karena kelelahan.

Pemotor Tewas Ditabrak Fortuner, Usai Nekat Lawan Arah di JLNT Casablanca

"Dari (keterangan) dokter diduga kecapean karena dilihat dari garminnya. Itu yang dipencetan sepeda itu, detak jantung almarhum tinggi, yakni 180. Kalau kita orang normal 75 kan, 100 aja sudah deg-degan," ujarnya.

Menurutnya, insiden itu pertama kali diketahui oleh seorang pesepeda. Dia melaporkan kejadian itu ke pihak Dinas Perhubungan bahwa ada pesepeda yang seperti pingsan terduduk di pinggir jalan. 

Ambulans langsung meluncur ke lokasi John terduduk di JLNT Casablanca dari arah Timur ke Barat, tepatnya di atas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. 

Petugas medis mendapati John duduk bersandar di tembok pembatas JLNT Casablanca. Sedangkan sepedanya yang ada di sampingnya, juga disandarkan ke tembok tersebut. 

Petugas medis langsung membawa John ke Rumah Sakit Tarakan menggunakan ambulans milik AGD Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Namun, Rudy tak mengetahui pasti apakah saat dibawa ambulans John masih hidup atau sudah meninggal. 

Ketika Rudy mengecek ke RS Tarakan, John sudah meninggal dunia. Keluarganya pun sudah berada di sana.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya