Detik-detik Heli Jatuh di Buperta, Warga yang Mancing Berhamburan

Ilustrasi Helikopter latih jenis Robinson R44
Sumber :
  • Genesa Flight Academy

VIVA – Polisi mengungkap detik-detik helikopter latih jenis Robinson R44 terjatuh di Danau Buperta, Cibubur. Peristiwa itu terjadi hari ini. 

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Yusri Yunus mengatakan, sekitar pukul 09.30 WIB, heli mulai melakukan take off di sana.

"Bermula saat Heli Robinson R44 yang diawaki oleh dua orang yaitu pilot L dan siswanya O, take off pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta Cibubur," ujar dia kepada wartawan, Jumat, 28 Mei 2021.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Heli berhasil mengudara dan melakukan tiga kali putaran di area latihan Buperta. Tapi, saat putaran ke empat pesawat hilang kontak pukul 09.30 WIB. Usut punya usut, ternyata pesawat tersebut terjatuh. Menurut keterangan saksi yang melihat, pesawat tidak meledak meski jatuh ke air.

Baca juga: Rumah Ramah Lingkungan Bisa Hemat Pengeluaran MBR, Ini Penjelasannya

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

"Pesawat latih terbang dari arah timur, tiba-tiba jatuh tepat di depan saksi dan rekan-rekan yang memancing. Dengan cepat mereka berhamburan lari takut pesawat meledak," ucap Yusri.

Dia menambahkan, berdasar keterangan saksi kedua, heli yang datang dari arah timur itu awalnya stabil. Tapi, setelah mendekat ke permukaan air, pesawat oleng ke kanan lalu masuk ke dalam air.

"Menurut saksi pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan saat di udara, pesawat pun saat masuk ke air mesin dalam keadaan hidup dan beberapa menit kemudian mesin mati," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, pilot dan siswa berhasil menyelamatkan diri setelah 15 menit pesawat jatuh. Keduanya dilarikan ke Rumah Sakit.

Yusri menyebut polisi telah memeriksa tiga saksi di lokasi jatuhnya heli. Meski begitu, penyebab kecelakaan masih diselidiki.

"Sampai saat ini bangkai Heli masih belum dievakuasi menunggu tim evakuasi dari PT Dirgantara," kata Yusri lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya