Anies Ajak Orang Tua Arahkan Anak untuk Divaksin COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disuntik vaksin COVID-19
Sumber :
  • instagram @aniesbaswedan

VIVA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengajak kepada orang tua agar anak-anaknya disuntik vaksin COVID-19. Hal ini bertujuan agar mendapatkan kekebalan imun dalam tubuh para siswa.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Saya mengajak kepada orang tua untuk mengarahkan anaknya dan anak-anak untuk minta izin pada orang tua untuk bisa ikut vaksin. Diselenggarakan di banyak tempat," kata Anies di Jakarta, Senin, 5 Juli 2021.

Anies menyampaikan salah satu lokasi untuk vaksinasi bisa di Balai Kota Jakarta. Tempat tersebut memang biasa digunakan untuk kegiatan vaksinasi termasuk kepada para jurnalis.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

"Sejak 1 Juli kita memfasilitasi vaksinasi untuk anak-anak usia 12-18 tahun. Prosesnya silakan daftar di JAKI, sebuah aplikasi kemudian dari situ anda bisa memilih tempatnya dan waktunya," katanya.

Baca juga: Jokowi Minta Vaksinasi Dikebut Siang dan Malam

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Selain Balai Kota, nantinya untuk vaksinasi bisa dilakukan di pukesmas setempat, kecamatan dengan diantar orang tua yang bersangkutan.

"Tentu bisa. Dan bisa ikut dengan orang tua. Kalau orang tua mau vaksin ajak anaknya nanti ikut satu KK (kartu keluarga), tinggal bawa kartu keluarganya lalu langsung vaksin. Kalau orang sudah terdaftar anaknya belum, ajak saja anaknya datang sama-sama. Jadi tidak perlu datang dua kali, daftar dua kali," katanya.

Anies pun memperbolehkan warga yang bukan kartu tanda penduduk (KTP) asli Jakarta juga bisa mendaftar vaksin di lokasi yang sudah ditentukan dan tinggal mendaftar saja di aplikasi dan bisa juga datang ke lokasi.

"Prinsipnya untuk mereka yang berdomisili di Jakarta. Kalau anda tinggal di Jakarta, walaupun KTP anda bukan KTP Jakarta, anda bisa vaksin di sini. Jadi siapapun yang tinggal di Jakarta bisa dapat vaksin," katanya.

Dalam hal ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menargetkan jutaan anak yang akan di vaksin COVID-19 di Ibu Kota.

"Ada 1,3 juta anak usia 12-18 tahun dan mereka yang kita dorongĀ  untuk vaksinasi. Jadi anjurkan ada orang tua yang mau ikut vaksin ajak anaknya sekalian. Jadi tidak repot," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya