PPKM Darurat, Warga di Tangerang Tetap Laksanakan Salat Idul Adha

Salat Idul Adha di Musala Nurul Iman Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sejumlah musala yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang tetap menggelar salat Idul Adha 1442 Hijriah ditengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, Selasa, 20 Juli 2021.

Innalillahi, Jemaah Haji Asal Palembang Meninggal Sebelum Menuju Tanah Suci

Salah satunya Musala Nurul Iman yang berada di Desa Margasari, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Di mana rumah ibadah yang berada di kawasan perumahan itu memiliki aturan khusus dalam pelaksanaannya.

"Ya seperti tahun yang lalu tahun ini pun kami melaksanakan solat id dengan aturan yang ketat. Di mana, jemaah yang diperbolehkan salat di sini hanya warga perumahan Tigaraksa saja. Tidak boleh ada warga dari luar perumahan," kata anggota DKM Mushola Nurul Iman, Yandi.

Alami Demensia, 2 Jemaah Calon Haji Embarkasi Solo Gagal Terbang ke Tanah Suci

Untuk memastikannya setiap jemaah hanya warga setempat, pihak DKM pun menutup akses masuk perumahan setempat sehingga warga dari luar pun tidak masuk sementara waktu ke kawasan setempat.

"Kami tutup akses masuknya jadi ya warga di sini aja. Penutupan akses ini sampai nanti proses pemotongan hewan kurban," ujarnya.

Cara Unik Jemaah Calon Haji Asal Kabupaten Tangerang Tandai Kopernya

Kemudian pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan bagi setiap jemaah mulai dari penggunaan masker hingga pengecekan suhu.

Sementara itu, salat Idul Adha juga dilakukan oleh puluhan warga binaan yang berada di Rutan Klas 1 Tangerang, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang.

Kepala Rutan Klas 1 Tangerang Fonika Affandi mengatakan, melihat kondisi wilayah yang terisolir menjadikan pihaknya tetap memilih untuk melaksanakan salat Id.

"Wilayah kita ini kan terisolir dan dengan kondisi itu makanya kita tetap melaksanakannya ditengah PPKM Darurat. Untuk jemaah yakni WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang ikut pun. Hanya dari santri rutan saja yakni sebanyak 300 jemaah," kata Fonika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya