Polda Metro Klaim DKI Sudah Lewati Standar Herd Immunity WHO

Vaksinasi COVID-19 untuk pelajar. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengklaim kalau Jakarta sudah melewati standar herd immunity yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Cakupannya Menurun, Kemenkes Imbau Lengkapi Vaksinasi Anak-anak hingga Orang Dewasa

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan warga Ibu Kota yang telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 mencapai angka 96 persen. 

Menurut dia, dari angka inilah maka persentase tersebut disebut telah melewati standar herd immunity yang ditetapkan WHO.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

"Menurut WHO 70 persen. Sudah melewati herd immunity WHO," ujar dia kepada wartawan, Rabu 11 Agustus 2021.

Namun demikian, kata Yusri, pihaknya tetap menargetkan 100 persen warga Ibu Kota sudah tervaksin dalam waktu dekat ini. Percepatan akan terus dilakukan lewat program Vaksinasi Merdeka. 

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Ia pun berharap pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 pada 17 Agustus 2021 seluruh warga DKI Jakarta telah tervaksin dosis pertama.

Baca Juga: Manfaat Skema Gross Split Usai Alih Kelola Blok Rokan ke Pertamina

"Jakarta sekarang dalam program percepatan vaksinasi, se-Indonesia Jakarta ini nomor satu. Alhamdulilah," katanya.

Untuk diketahui, program vaksinasi merdeka di Jakarta akan berjalan hingga 17 Agustus 2021 sejak 1 Agustus. Lewat kegiatan ini, ditargetkan seluruh warga Ibu Kota telah mendapat vaksinasi COVID-19 minimal dosis 1, sehingga kekebalan komunitas atau herd immunity di Ibu Kota bisa terbentuk saat 17 Agustus nanti. Gerai vaksin sendiri disediakan di 900 RW di seluruh DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya