Roy Suryo: Richard Lee Akses IG yang Disita Polisi Lewat Facebook

dr. Richard Lee, MARS, AAAM.
Sumber :
  • Instagram @dr.richard_lee

VIVA – Pakar telematika Roy Suryo membeberkan soal maksud illegal access yang membelit influencer dan youtuber dr Richard Lee.

Google Cari Alternatif Pengganti Password

Dalam kasus ini, Roy menyebut awalnya Polda Metro Jaya menyita akun Instagram (IG) milik Richard. Akun tersebut disita dan polisi mengganti password dari akun media sosial tersebut.

"Ketika sudah diganti password memang karena IG itu bisa diakses melalui induknya yakni Facebook, Richard Lee sempat melakukan akses terhadap akun IG-nya yang sebenarnya akun IG tersebut sudah disita Kepolisian," ucap Roy kepada wartawan, Jumat 13 Agustus 2021.

Unik, Cara Ini Bisa Buat DM Penggemar Dibalas oleh Publik Figur Idola

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini mengatakan, tindakan yang dilakukan tersebut tentu sudah melawan hukum. Pasalnya, tindakan itu dikategorikan ke dalam tindakan akses ilegal.

"Jadi disebut sebagai illegal access karena alat yang sudah jadi barang bukti kemudian diakses secara tidak berhak oleh dokter Richard Lee. Ini yang sebenarnya terjadi hingga penangkapan ke yang bersangkutan," katanya.

Video Aksi Pencuri Gasak Spion Mobil yang Parkir di Garasi

Lebih lanjut Roy mengapresiasi tindakan Polda Metro Jaya yang melakukan penangkapan terhadap Richard namun tidak melakukan penahanan terhadap suami dari Reni Effendi itu.

"Saya juga mengapresiasi apa yang dilakukan Kepolisian. Jadi menangkap, mengambil keterangan tapi tidak menahan karena sesuai dengan banyaknya permintaan dari masyarakat dan di sosmed (sosial media) mengatakan tidak layak Richard Lee ini kemudian ditahan," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Reni Effendi, istri Richard Lee menyebut sang suami dijemput paksa oleh beberapa orang yang mengaku sebagai polisi. Hal itu diketahui dari video yang diunggah Reni Effendi ke Instagram Stories-nya.

Dalam video tersebut, terlihat suasana kisruh saat beberapa orang menjemput paksa dokter Richard Lee. Sebagai seorang istri, Reni Effendi tidak terima suaminya diperlakukan seperti itu.

Sambil menangis, Reni Effendi tampak membela dokter Richard. Ia meminta agar suaminya itu tidak dibawa secara paksa. Reni juga meminta orang-orang tersebut menjelaskan alasan yang menyebabkan suaminya dijemput paksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya