Polisi Ungkap 500 Simpatisan Reuni 212 Sempat Coba ke Monas

Massa aksi reuni 212
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Zulpan, mengungkap situasi terkini di kawasan Monumen Nasional dan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, hingga Kamis, 2 Desember 2021, siang kondusif.

Ini Alasan Habib Rizieq Tak Hadiri Munajat Kubro 212 di Monas

"Sampai dengan siang hari ini, syukur alhamdulillah situasi terkendali aman, khusus untuk wilayah Patung Kuda, Monas," kata dia kepada wartawan, Kamis 2 Desember 2021.

Reuni Akbar 212 Tahun 2019

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Munajat 212 Digelar Besok, Polisi Imbau Peserta Tertib

Petugas Halau Mereka

Dia menyebut tidak ada massa reuni 212 masuk kawasan tersebut. Memang, pada pukul 10.00 WIB pagi tadi sebanyak 500 orang yang merupakan massa reuni 212 hendak masuk ke wilayah Monas dan Patung Kuda, tapi, petugas gabungan menghalau mereka.

Siap Kawal Aksi Bela Palestina oleh MUI Besok, Polisi Antisipasi Penyusup

Beberapa orang juga sempat berkumpul di Jalan Wahid Hasyim, namun setelah diancam akan dipidana mereka pun membubarkan diri.

"Sampai dengan siang hari ini tidak ada kelompok elemen masyarakat yang masuk atau pun melakukan kegiatan berkumpul reuni 212 di Patung Kuda," katanya lagi.

Baca juga: Massa Reuni 212 Dibubarkan Aparat, Jalan MH Thamrin Kondusif

Belum Keluarkan Izin

Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin terkait rencana digelarnya aksi unjuk rasa Reuni 212. Alasannya, ada persyaratan administrasi yang belum dipenuhi atau dilengkapi oleh penyelenggara kegiatan aksi Reuni 212.

Keluarga Habib Rizieq saat Reuni 212

Photo :
  • VIVA / Willibrodus

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengatakan panitia sudah ada yang mengajukan pemberitahuan izin keramaian kepada Polda Metro Jaya terkait aksi Reuni 212 pada Kamis, 18 November 2021.

Namun, mereka belum memberikan rekomendasi karena kelengkapan administrasi persyaratan-persyaratan belum dipenuhi.

Pada hari ini, Kelompok massa aksi reuni 212 dipukul mundur aparat kepolisian di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Massa sebelumnya sempat menggelar orasi di Jalan MH Tamrin, tepatnya di simpang Kebon Sirih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya