Micro Lockdown di Krukut, Pemkot Jakbar Pasok Kebutuhan Warga

Warga beraktivitas di Krukut, Tamansari, Jakbar yang diblokade karena karantina.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

VIVA – Kebutuhan warga RW 02 Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat terpenuhi dengan baik selama penerapan karantina mikro atau micro lockdown. Bantuan kebutuhan warga seperti sembako diberikan secara door to door.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua RT 06, RW 02 Krukut, Yono mengatakan, seluruh warga terdampak di wilayahnya sudah dapat bantuan sembako. Dia bilang bantuan pasokan kebutuhan warga itu dari Pemerintah Provinsi DKI yang berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat.

Menurut dia, sejak awal kasus COVID-19 kembali merebak di wilayahnya, bantuan sembako hingga vitamin sudah berdatangan. Selain jajaran Pemkot Jakbar, bantuan juga dari Polres Jakarta Barat hingga dan Danramil Taman Sari.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Alhamdulillah mas, kalau kebutuhan sehari-hari warga sudah tercukupi. Dari awal, bantuan sembako bisa dibilang lebih dari cukup. Pak Camat, Lurah, Kapolsek dan Danramil semuanya sudah mengirim bantuan," kata Yono di Posko zona merah COVID-19 wilayah Krukut, Jakarta Barat, Kamis, 13 Januari 2022.

Dia menyampaikan, bantuan pangan juga sudah diberikan kepada sekitar 200 warga yang terdampak. Bantuan tersebut berupa beras, minyak goreng, susu, vitamin, mie instan hingga beberapa kotak masker.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ia mewakili warga bersyukur dengan bantuan ini karena aktivitas terbatas karena micro lockdown.

"Bantuan ini sangat dibutuhkan bagi warga kami, karena selama lockdown mereka tidak bisa keluar belanja ke warung," tutur Yono.

Warga Krukut dapat bantuan saat isolasi karena lockdown.

Photo :
  • Istimewa

Yono pun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran Pemkot Jakbar yang sudah perhatian dalam pemenuhan kebutuhan sembako untuk warga RW 02. Dia mengapresiasi gerak cepat Pemkot Jakbar.

"Perhatian Pemda DKI luar biasa, kami terima kasih kepada Pak Anies, Pak Camat, Danramil dan Pak Lurah. Bahkan kemarin beberapa kali Pak Wali Kota turun langsung menyapa dan memberi bantuan ke rumah-rumah warga," ujar Yono.

Hal senada disampaikan Ketua RT 08, Henar. Dia senang dengan kepedulian dan perhatian jajaran Pemkot Jakbar di bawah Pemprov DKI. Menurutnya, dengan micro lockdown tapi dibantu pemenuhan kebutuhan maka meringankan beban warga yang aktivitasnya dibatasi.

Dia menyebut seluruh warga RT 08 saat ini tengah menjalani karantina. Mereka bersyukur dan sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan.

"Kalau kebutuhan sehari-hari kita alhamdulillah sudah terpenuhi. Mungkin yang agak kurang pampers sama susu anak ya, karena di sini banyak juga anak-anak kecil. Sedangkan warga tidak bisa keluar buat belanja," kata Henar. Dia berharap nasib warganya bisa terus diperhatikan selama micro lockdown.

"Jadi, tolong warga kami diperhatikan betul kebutuhannya. Jangan sampai hanya awal-awal aja. Karena kita tidak tahu (lockdown) ini sampai kapan," katanya polos.

Sementara itu, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Krukut, Syaifuddin, menjelaskan, bantuan sembako diberikan kepada warga selama micro lockdown berlaku. Kata dia, biasanya penerapan selama 14 hari sejak hari pertama karantina berlaku pada Kamis, 6 Januari 2022.

Dia menekankan, tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dari Kelurahan Krukut juga akan aktif melakukan penelusuran (tracing). Selain itu, setiap hari juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga.

Imbas penyebaran COVID-19, RW 02 Kelurahan Krukut, Taman Sari diberlakukan kebijakan micro lockdown. Awalnya hanya diterapkan di empat RT, namun kini jumlahnya diperluas.

Langkah ini terpaksa dilakukan demi meredam penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Tercatat 67 warga sementara dilaporkan terkonfirmasi COVID-19 di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya