Kelebihan Kapasitas, Hotel Isolasi di Tangerang Tambah Tempat Tidur

Mobil ambulans di parkiran Hotel Yasmin yang jadi tempat isolasi.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Hotel isolasi COVID-19 yang berada di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, mengalami over kapasitas atau kelebihan muatan. Untuk itu, penambahan tempat tidur dilakukan.

Pernyataan Youtuber Korea Usai Diajak 'Om Albert' ke Hotel

Dari data yang diperoleh melalui pengelola, saat ini ada 343 pasien yang dirawat di hotel tersebut. Padahal seharusnya, hanya terisi 240 pasien saja. Maka dari itu, pemerintah setempat melakukan penambahan jumlah tempat tidur. Dimana yang semula 240 tempat tidur, saat ini menjadi 400 tempat tidur.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, penambahan ini lebih ditujukan pada pasien COVID-19 dengan klaster keluarga.

Cerita Pengalaman Dokter Djaja Surya Atmadja Tangani Pasien Kebal Senjata

"Rata-rata yang masuk di hotel isolasi adalah klaster keluarga, makanya kita pun menambah jumlah tempat tidur menjadi 400. Jadi, satu kamar bisa terisi 5 orang," katanya, Jumat, 11 Februari 2022.

Hotel Yasmin Tempat Isolasi Mandiri Terpadu di Tangerang

Photo :
  • VIVA/ Sherly
Pertama di Dunia, Ilmuwan Jepang Ujicoba Obat Penumbuh Gigi Orang Dewasa

Sedangkan untuk pasien yang tidak masuk dalam klaster keluarga, akan diterapkan mekanisme gender. Dimana satu kamar hanya terisi 2 orang, dengan gender atau jenis kelamin yang sama.

"Kalau yang bukan klaster keluarga, satu kamar isi dua orang dengan gender yang sama," ujarnya.

Lanjut Hendra, untuk pasien yang menjalani perawatan di hotel isolasi adalah kategori orang tanpa gejala, hingga gejala ringan.

"Kasus di Kabupaten Tangerang rata-rata OTG dan gejala ringan, makanya secara keseluruhan, keterisian ruang yang ada di Hotel Yasmin memang cukup padat dengan persentasi 130 persen. Dibanding rumah sakit yang mana ditujukan bagi pasien gejala berat," jelasnya.

Alhasil, saat ini pemerintah juga telah meminta agar setiap kecamatan kembali menyediakan fasilitas isolasi. Dimana, terdata baru dua wilayah yang menyediakan fasilitas itu, yakni Legok dan Cisauk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya