Irjen Fadil Ungkap Alasan 8 Polwan Jadi Kapolsek di Polda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran.
Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengungkapkan alasan penunjukan delapan polisi wanita (Polwan) menjadi Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Menurut dia, hal tersebut sebagai komitmen dirinya terhadap kesetaraan gender. Mantan Kapolda Jawa Timur tersebut mengatakan, akan konsisten melakukan pembaharuan di Polda Metro Jaya.

"Ini adalah bentuk komitmen saya dalam kesetaraan gender, dan ini adalah konsistensi saya untuk terus melakukan pembaharuan di tubuh Polda Metro Jaya," ujarnya di Markas Polda Metro Jaya, Selasa, 24 Mei 2022.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Fadil menyebutkan, delapan Polwan itu pun ditempatkan di Polsek yang dinilai strategis. Salah satunya, adalah Polsek Metro Menteng. Dia mengungkapkan, sengaja mengambil alih acara pelantikan Kapolsek karena ingin memberi arahan khusus kepada ujung tombak institusi Polri tersebut.

Adapun delapan Polwan yang jadi Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya adalah Kapolsek Cisauk dijabat Ajun Komisaris Polisi Syabillah Putri Ramadhani, Kapolsek Menteng dijabat Komisaris Polisi Netty Rosdiana Siagian, Kapolsek Cimanggis dijabat Kompol Siti Fatimah Said Martandu, Kapolsek Cakung dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma, Kapolsek Penjaringan dijabat Kompol Ratna Quratul Aini, Kapolsek Cinere dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon, Kapolsek Sunda Kelapa dijabat Kompol Riza Sativa, dan Kapolsek Tajur Halang dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi.

"Bagi saya, perempuan juga bisa memimpin. Ada beberapa kriteria yang membuat saya terus membangun komitmen dalam mengangkat polisi wanita menjadi Kapolsek dan tidak tanggung-tanggung, saya memberikan jabatan kapolsek perempuan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah dijabat perempuan. Seperti Polsek Menteng, Penjaringan dan beberapa polsek-polsek lain yang selama ini dijabat oleh polisi laki-laki," kata Fadil.