Peringati World Bicycle Day, Anies Bersepeda dengan Duta Besar G20

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpose bersama para dubes.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya mengadakan kolaborasi dengan Bike To Work (B2W) melakukan kegiatan bersepeda bersama para duta besar negara-negara G20, Jumat, 3 Juni 2022. Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati hari sepeda dunia atau World Bicycle Day yang jatuh pada hari ini.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Gubernur Anies yang memimpin sekaligus menjadi tuan rumah pertemuan para wali kota sedunia U20 menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. Anies juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersepeda bersama para duta besar negara-negara G20 di Jakarta.

"Hari ini adalah World Bicycle Day, tanggal 3 Juni kita merayakan, memperingati hari ini dengan groundbreaking Bicycle Lounge di Dukuh Atas. Kemudian kita bersepeda bersama-sama dengan para duta besar dan juga komunitas pesepeda," kata Anies di Lapangan Banteng, Jumat, 3 Juni 2022.

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Anies juga menyampaikan bahwa Pemprov DKI terus mendorong budaya bersepeda yang termasuk kendaraan bebas emisi. Pemprov DKI Jakarta juga telah membangun sekitar 90 kilometer jalur sepeda, dengan harapan dapat mencapai target 500 km jalur sepeda di seluruh Jakarta.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Lalu kita ingin dengan cara seperti itu jumlah polutan berkurang, di sisi lain kita membangun dan merenovasi lebih dari 100 taman di Jakarta selama 4 tahun ini. Di situ akan produksi oksigen, udara yang bersih. Jadi satu sisi mengurangi polusinya, sisi lain menambah kualitas udara baiknya,” ujar Anies.

Sebagai kolaborator, B2W Indonesia, merancang kegiatan bersepeda ini sebagai sebuah trip untuk berpiknik di taman, yakni di Lapangan Banteng. Di lokasi, suasana diatur selayaknya pesta kecil pada pagi hari. Selain beramah-tanah sambil menikmati hidangan penganan ringan, peserta juga dihibur dengan sajian musik daerah.

”Falsafah kegiatan ini adalah diplomasi, yakni diplomasi sepeda. Tujuannya, di samping bagian dari keramahtamahan tuan rumah sebagai pelaksana Presidensi G20 Indonesia, sekaligus ketua U20, adalah untuk memperlihatkan apa yang telah dilakukan Jakarta dalam mengakomodasi penggunaan sepeda untuk bermobilitas," ucap Fahmi Saimima, Ketua Umum B2W Indonesia.

Anies berharap Jakarta bisa menjadi kota yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Sehingga, kegiatan bersepeda dengan para duta besar negara-negara G20 menjadi salah satu bagian dari empat isu utama yang menjadi tema presidensi, yakni tema transisi energi lestari.

"Pentingnya memasukkan isu transportasi ramah lingkungan ke dalam tema ini karena agenda pembahasan tentang upaya menanggulangi dampak pemanasan suhu permukaan bumi dan krisis iklim sudah digaungkan dan didesakkan di berbagai forum global," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya