Sungai Cisadane Berlumpur, Layanan Air Bersih di Tangerang Terganggu

Air baku PDAM Tirta Benteng dari Sungai Cisadane.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Pelayanan air bersih di wilayah Kota Tangerang, mengalami gangguan usai air baku yang berada di Sungai Cisadane mengalami kekeruhan yang sangat tinggi.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng (TB) Sumarya menyampaikan, permohonan maaf atas gangguan layanan air bersih di beberapa wilayah di Kota Tangerang.

"Diinformasikan kepada seluruh pelanggan Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, saat ini sedang terjadi gangguan layanan di beberapa area pelayanan, karena kekeruhan air baku di Cisadane yang sangat tinggi," katanya, Jumat, 24 Juni 2022.

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Berdasarkan data PDAM TB, kekeruhan air baku mencapai 25.000 NTU, sedangkan pengolahan air hanya mampu mengolah air di bawah 1.000 NTU. 

Air baku PDAM Tirta Benteng dari Sungai Cisadane.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Dana Habis untuk Nyaleg, Caleg PKS di Cilegon Putuskan Bantuan Saluran Air Bersih untuk Warga

"Kekeruhan tersebut disebabkan oleh longsor dan banjir di daerah Cisarua Bogor sehingga PDAM menurunkan kapasitas produksinya 50 persen," ujarnya. 

Alhasil, harus dilakukan penghentian sementara dalam suplai air bersih ke pelanggan dimulai kemarin pukul 15.00 WIB, dan dilakukan secara bertahap hingga hari ini.

"Kemarin sore sekitar pukul 15.00 WIB kita hentikan sementara karena tingkat kekeruhannya melebihi ambang batas, sampai hari ini. Dan kita juga sedang berupaya untuk memperbaiki produksinya, mudah-mudahan siang nanti pelayanan air bersih bisa kembali dilakukan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya