22 Jalan di Jakarta Ganti Nama, Polri-BPN Gratiskan Perubahan Dokumen

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi
Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi
Sumber :
  • Antara

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi merespon kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait perubahan 22 nama baru jalan di DKI Jakarta. Hal itu merujuk pembaruan data dokumen kendaraan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Irjen Firman menegaskan pihaknya akan menggratiskan biaya pembaruan data dokumen administrasi pemilik kendaraan yang terdampak perubahan nama 22 jalan di DKI Jakarta.

"Kami menyesuaikan nanti data kendaraan yang mana masyarakat yang harus terkena dampak pergantian nama jalannya tidak dikenakan wajib ganti STNK, tapi data dari Gubernur lah yang akan kami gunakan jalan lama menjadi jalan apa," kata Irjen Pol. Firman Shantyabudi di Pendopo Balaikota DKI Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Kendati demikian, menurut Firman, pihak kepolisian tak mewajibkan para pengendara langsung mengubah STNK bagi yang terdampak. Namun, jika pengendara ingin melakukan perubahan data pada dokumen. Firman menegaskan, mereka tidak akan dipungut biaya sepeser pun dalam pergantiannya.

Perbaruan Surat Tanah Gratis

Selain Korlantas Polri, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta juga memastikan tidak akan mengenakan biaya jika masyarakat ingin mengubah data nama jalan di sertifikat tanah.

"Sertifikat atas tanah masih berlaku dan tidak ada tambahan biaya," kata Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Dwi Budi Martono di Balai Kota Jakarta.