Pipa Gas Bocor di MT Haryono Cawang, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas

Pipa gas bocor di jalan MT Haryono Cawang.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Metro – Pipa gas di dekat Stasiun Cawang, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan mengalami kebocoran pada Rabu, 20 Juli 2022 siang. Akibat kebocoran tersebut, arus lalu lintas mengalami kemacetan.

Gandeng MRT Jakarta, PGN Buktikan Komitmen Menuju Energi Bersih

"Iya saya di TKP ini, di Pancoran. Lalu lintas sudah kita alihkan dari Pancoran," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Edi Suprianto saat dikonfirmasi, Rabu, 20 Juli 2022.

Edi menerangkan, untuk arus lalu lintas dari Pancoran menuju Tebet ditutup sementara waktu. 

Ledakan Hebat Rusak Bangunan Bekas Hotel hingga Restoran di Medan, 1 Orang Kritis

"Untuk yang ke timur kita tutup. Dari barat kita buang ke kiri ke Tebet, ke kanan arah Pasar Minggu. Sementara itu dulu ya," bebernya.

Belum diketahui secara pasti penyebab bocornya pipa gas tersebut. Namun, dari video yang beredar terlihat asap yang membubung tinggi di sekitar lokasi kejadian.

Subholding Gas Pertamina Incar Pasar Tangki LNG di Kawasan Asia-Pasifik, Begini Strateginya

Penjelasan PGN

Pipa gas bocor, diduga karena proyek galian jalan tol. (foto ilustrasi)

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, PT PGN Tbk membenarkan terjadinya kebocoran pipa gas bumi pada Rabu, 20 Juli 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Saat ini, petugas Tim Penanganan Gangguan (TPG) PT PGN Tbk sudah berada dilokasi dan sedang memastikan kondisi infrastruktur dan perimeter sekeliling lokasi dalam keadaan aman.

Area Head PGN Jakarta, Sheila Marlianty mengatakan, pihaknya akan memastikan bahwa layanan pelanggan gas bumi tidak terdampak terlalu lama dan akan meningkatkan koordinasi dengan pihak ketiga.

"Agar kehandalan dan keselamatan jaringan gas bumi termasuk personel dapat dikelola sesuai prinsip HSSE," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu 20 Juli 2022.

Petugas TPG PGN disebut telah mengamankan area sekitar dari aktivitas warga dengan memasang safety line. Petugas juga dalam proses identifikasi dampak kejadian serta rencana perbaikan sesegera mungkin. 

"PT PGN Tbk juga telah berkoordinasi bersama pihak terkait untuk mengidentifikasi pelanggan yang terdampak," katanya.

Untuk penyebab kejadian sampai saat ini masih dalam proses investigasi bersama aparat namun diduga disebabkan aktivitas pihak ketiga di sekitar lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya