Kemensos Mengaku Tak Tahu Bulog Kerja Sama dengan Vendor apalagi JNE

Lokasi puluhan karung beras bansos terkubur di Depok
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

VIVA Metro – Kementerian Sosial (Kemensos) mengklaim tidak tahu ada kerja sama antara Bulog dengan vendor terkait bantuan sosial (bansos) dari Presiden untuk masyarakat terdampak COVID-19. Belakangan diketahui paket bansos itu dibuang dan dikubur dekat gudang di kawasan JNE di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Hal itu diungkapkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Nonalam Mira Riyati Kurniasih dari Kemensos saat diperiksa polisi hari ini, Senin 1 Agustus 2022. Padahal dalam pemeriksaan terhadap pihak Kemensos, perusahaan logistik PT JNE pusat dan JNE Depok diketahui bahwa JNE mengambil bansos dari PT DNR selaku pemenang tender dari Bulog terkait bansos ini.

"Kemensos menurut keterangan yang bersangkutan (Riyati) tidak mengetahui terkait kerja sama Bulog dengan vendor yaitu PT DNR apalagi dengan JNE," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Senin 1 Agustus 2022.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

Mira Riyati mengaku yang Kemensos ketahui cuma pihaknya bekerja sama dengan Bulog dalam rangka penyaluran bansos berupa beras dari pemerintah. Mereka sama sekali tak tahu Bulog ada kerja sama lagi dengan vendor. Untuk itu lanjut Zulpan, Polres Metro Kota Depok bakal menindaklanjuti pernyataan ini. Sebagai rencana tindak lanjut, pihak Bulog bakal dimintai keterangan pada Selasa 1 Agustus 2022.

"Tentunya Polres Metro Depok akan melakukan penyelidikan mendalam terkait persoalan ini apakah betul yang disampaikan sesuai dengan apa yang di lapangan," kata dia lagi.

Dedi Mulyadi Tegaskan Prabowo-Gibran Menang Bukan karena Bansos: Semoga No Debat!

Sebelumnya diberitakan, puluhan karung beras bantuan sosial untuk masyarakat terdampak COVID-19 ditemukan terkubur di sebuah lapangan di kawasan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Diduga perusahaan pengiriman JNE yang melakukan itu karena lokasinya yang berada persis di depan gudang perusahaan tersebut.

Tumpukan sembako itu pertama kali diketahui warga setempat yang juga sebagai ahli waris tanah tersebut yang mendapatkan informasi dari pegawai perusahaan pengiriman tersebut.
 

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyebut lembaga kepresidenan masuk dalam kajian revisi UU tentang Pemilu.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024